PERAN BRAND AWARENESS DALAM MEMEDIASI PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TERHADAP NIAT BELI

Peran Brand Awareness dalam Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan terhadap Niat Beli

  • Dewa Ayu Diah Paramita Dewi Student
  • I Made Jatra Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i08.p20

Abstrak

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik iklan dan brand awareness terhadap niat beli, serta peran brand awareness dalam memediasi pengaruh daya tarik iklan terhadap niat beli, studi dilakukan pada produk smartphone merek Vivo di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan menggunakan ukuran sampel berjumlah 100 orang, melalui metode penentuan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner yang diukur dengan 12 indikator dan menggunakan skala likert. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dan disertai dengan uji sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Penelitian ini juga membuktikan bahwa brand awareness mampu memediasi hubungan antaran pengaruh daya tarik iklan terhadap niat beli.


Kata kunci: Daya Tarik Iklan, Brand Awareness, Niat Beli

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2018-08-03
##submission.howToCite##
PARAMITA DEWI, Dewa Ayu Diah; JATRA, I Made. PERAN BRAND AWARENESS DALAM MEMEDIASI PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TERHADAP NIAT BELI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 8, p. 4599 - 4627, aug. 2018. ISSN 2302-8912. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/manajemen/article/view/40469>. Tanggal Akses: 21 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i08.p20.
Bagian
Articles