PENGARUH KECANDUAN INTERNET DAN MATERIALISME TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KOMPULSIF ONLINE

  • Kurnianingtias Wulandari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i02.p17

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kecanduan internet dan materialisme terhadap perilaku belanja kompulsif online. Penelitian dilakukan dengan menyasar masyarakat Indonesia pengguna media internet. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner secara online yang menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 16 indikator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan internet dan materialisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif online. Berdasarkan hasil penelitian semakin sering seseorang menghabiskan waktunya bermain internet serta memiliki pola pikir materialis cenderung memiliki perilaku belanja kompulsif online. Fenomena tersebut merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk merancang strategi yang mampu mendorong calon konsumen agar tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2018-02-03
##submission.howToCite##
WULANDARI, Kurnianingtias. PENGARUH KECANDUAN INTERNET DAN MATERIALISME TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KOMPULSIF ONLINE. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 1021 - 1049, feb. 2018. ISSN 2302-8912. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/manajemen/article/view/35445>. Tanggal Akses: 21 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i02.p17.
Bagian
Articles