PERAN BRAND AWARENESS MEMEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT BELI ES TEH INDONESIA
Abstract
Pengaruh media sosial yang masif di antara mayoritas pengguna internet di Indonesia yang merupakan kaum milenial serta generasi Z menjadikan pertumbuhan bisnis minuman kekinian semakin melesat. Teh menjadi minuman yang dapat dikonsumsi oleh seluruh kalangan masyarakat di Indonesia, baik kalangan bawah, menengah, maupun atas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan peran brand awareness dalam memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap niat beli konsumen Es Teh Indonesia di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan metode penentuan sampelnya adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, uji sobel dan uji VAF. Hasil penelitian menunjukan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, brand awareness berpengaruh positif dan signfikan terhadap niat beli, dan brand awareness secara positif dan signifikan mampu memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap niat beli. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi empiris pada ilmu manajemen khususnya perilaku konsumen serta bermanfaat bagi Perusahaan Es Teh Indonesia dalam menyusun srategi pemasaran produk yang berhubungan dengan brand awareness, electronic word of mouth, dan niat beli perusahaan.
The massive influence of social media among the majority of internet users in Indonesia, who are millennials and generation Z, has made the growth of the current beverage business accelerate. Tea is a drink that can be consumed by all levels of society in Indonesia, both the lower, middle and upper classes. This study aims to examine and explain the role of brand awareness in mediating the effect of electronic word of mouth on consumer purchase intentions of Indonesian iced tea in Denpasar City. This research was conducted in Denpasar City with a total sample taken of 100 respondents with the method of determining the sample is purposive sampling. The data analysis technique used is path analysis, Sobel test and VAF test. The results showed that electronic word of mouth had a positive and significant effect on purchase intention, electronic word of mouth had a positive and significant effect on brand awareness, brand awareness had a positive and significant effect on purchase intention, and brand awareness was positively and significantly able to mediate the effect of electronic word of mouth on purchase intention. This research is expected to provide an empirical contribution to management science, especially consumer behavior and be useful for the Es Teh Indonesia Company in developing product marketing strategies related to brand awareness, electronic word of mouth, and company purchase intentions.
Downloads
References
Al-Gasawneh, J., & Al-Adamat, A. (2020). The Mediating Role Of E-Word Of Mouth On The Relationship Between Content Marketing And Green Purchase Intention.Management Science Letters,10(8),Pp. 1701-1708.
Alrwashdeh, M., Emeagwali, O., & Aljuhmani, H. (2019). The Effect Of Electronic Word Of Mouth Communication On Purchase Intention And Brand Image: An Applicant Smartphone Brands In North Cyprus.Management Science Letters,9(4),Pp.505-518.
Andrea, A. S., & Keni, K. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM), Celebrity Endorser, dan Online Advertisingterhadap Brand Awareness.Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan,5(5), Hal. 464-469.
Ansari, S., Ansari, G., Ghori, U., Kazi, G. (2019). Impact Of Brand Awareness And Social Media Content On Consumer Puchase Decision. Journal of Public Value and Administration Insights (JPVAI) 2 (2); 5-10 10.31580/jpvai.v2i2.896
Are, A. K. P., & Setyorini, R. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouthdan Kepercayaan Konsumen terhadap Niat Beli Produk di Shopee Indonesia.Dinamika Ekonomi-Jurnal Ekonomi dan Bisnis,12(2), Hal. 216-230.
Azzari, V., & Pelissari, A. (2021). Does Brand Awareness Influences Purchase Intention? The Mediation Role Of Brand Equity Dimensions.BBR. Brazilian Business Review,17,pp.669-685.
Bimantari, C. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek, Kualitas yang Dirasakan, dan Sikap Merek pada Niat Beli Biskuit Oreo di Surabaya.Journal Business and Banking,8(2), Hal,. 195-212.
Cahyono, K. E., & Aziz, K. A. G. (2016). Pengaruh E-WOMPada Citra Merek dan Niat Pembelian (Studi: Mitsubishi Pajero Sport).Jurnal Manajemen & Kewirausahaan,1(2), Hal. 113-129.
Darmawan, R., & Nurcaya, I. N. (2018). Membangun Niat Beli Iphone melalui EWOMdan Brand Image.E-Jurnal Manajemen,7(9),Hal.5168-5196.
Dewani, N. P. R. G., & Rastini, N. M. (2021). Peran Citra MerekMemediasi Pengaruh E-WOM Terhadap Niat KonsumenMembuat Gopay di KotaDenpasar.E-Jurnal Manajemen,10(2),Hal.105-124.
Dewi, A. (2022). Mereguk Prospek Bisnis Es Teh Kekinian Yang Kian Manis.https://entrepreneur.bisnis.com/read/20220710/263/1553234/mereguk-prospek-bisnis-es-teh-kekinian-yang-kian-manis
Dewi, N. M. P., Imbayani, I. G. A., & Ribek, P. K. (2021). Pengaruh Social Media MarketingTerhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word Of MouthPada Givanda Store Denpasar. Jurnal EMAS, 2 (2), Hal. 28-42.
Dihni, V. A. (2022).Ini 5 Merek Minuman Teh Kekinian Paling Banyak Dikonsumsi Masyarakat.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/30/ini-5-merek-minuman-teh-kekinian-paling-banyak-dikonsumsi-masyarakat
Diva, A. (2022). 5 Minuman Kekinian Favorit Masyarakat, Ada EsTeh Indonesia.https://goodstats.id/article/5-minuman-kekinian-favorit-masyarakat-indonesia-2022-ada-esteh-indonesia-dd6F8
Dumatri, A. C. A., & Indarwati, T. A. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness terhadap Niat Beli pada Burger King Indonesia.Jurnal Ilmu Manajemen,9(2).Hal. 478-488.
Farzin, M., & Fattahi, M. (2018). EWOMThrough Social Networking Sites And Impact On Purchase Intention And Brand Image In Iran.Journal of Advances in Management Research,15(2), 161-183.
Faza, M. A. (2018). Pengaruh Electronic Word of MouthTerhadap Minat Beli Melalui Citra Merek (Studi Pada Smartphone Xiaomi Di Kota Yogyakarta).Jurnal Fakultas Ekonomi,6(4), 1-11.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Haikal, R., U. M., & Handayani, S. D. (2018). The Influence of Electronic Word of Mouth On Brand Image. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(1), 22–29
Hakim, L. L., & Keni, K. Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Customer Perceived ValueTerhadap Purchase Intention.Jurnal manajemen bisnis dan kewirausahaan,4(3), Hal. 81-86.
Hermawan, K., & Setiawan, I. (2014). Wow Marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Inayati L. S dan D. U. Wahyuni. (2017). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, dan Periklanan terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(4), Hal. 1-20.
Ismagilova, E., Slade, E. L., Rana, N. P., & Dwivedi, Y. K. (2020). The Effect Of ElectronicWord Of Mouth Communications On Intention To Buy: A Meta-Analysis.Information Systems Frontiers,22(5), Pp. 1203-1226.
Iswara, I. G. A. D., & Jatra, I. M. (2017). Peran Brand ImageDalam Memediasi Pengaruh Electronic Word Of MouthTerhadap Purchase Intention (Studi Kasus Pada Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar).EJurnal Manajemen Unud,6(8), Hal. 3991-4018.
Kala, D., & Chaubey, D. S. (2018). Impact of electronic word of mouth on brand image and purchase intention towards lifestyle products in India.Pacific Business Review International,10(9), Hal. 135-144.
Kameswara, I. G. A. R., & Respati, N. N. R. (2022) Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh EWOMTerhadap Niat Beli Konsumen Pada Sepeda Motor Honda Adv.E-Jurnal Manajemen,11(5),Hal. 1009-1028
Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles Of Marketing. Pearson Education Limited: United Kingdom
Kotler, P. & Keller, K. L. (2016) Marketing Management.Pearson Education Limited: England
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0 Moving From Traditional To Digital.
John Wiley & Sons, Inc: Canada
Kristina, L. E. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth(E-Wom) Terhadap Purchase IntentionDengan Vividnes Sebagai Variabel Mediasi Pada halodoc.Jurnal Strategi Pemasaran,8(1), Hal. 10.
Kriswianti, L. (2017). Pengaruh Kesadaran Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Niat Beli Produk Pelembut Dan Pewangi Pakaian Merek SoftenerSo Klin Twilight Sensation Seriesdi Surabaya Selatan.Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3).Hal. 1-7.
Lugina, A., & Azis, E.(2015). Pengaruh Electronic Word of MouthTerhadap Brand AwarenessKonsumen Roti Gempol.eProceedings of Management,2(3).Hal. 2779-2789.
Mulyaputri, V. M., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Viral Marketingdan Brand Awarenessterhadap Niat Beli Merek Kopi Kenangan di Kota Surabaya.Jurnal Ilmu Manajemen,9(1), Hal. 91-101.
Ngan, N. H., & Chinh, N.V.(2020). Impact of E-WOM on Destination Brand Awareness and Destination Brand Image: The Case of Ly Son Island.International Journal of Business and Technology Management,2(3), Pp. 8-19.
Nuseir, M. T. (2019). The Impact Of Electronic Word Of Mouth (E-WOM) On The Online Purchase Intention Of Consumers In The Islamic Countries–A Case Of(UAE).Journal of Islamic Marketing.
Pranata, I. W. D. R., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat Beli Konsumen.E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana,7(10), Hal. 5230-5257.
Purnomo, T. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Pada Konsumen Herbalife di Surabaya.Agora,6(1).Hal. 1-7.
Putri, N. P. A. K. K., & Sukawati, T. G. R. (2019). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Niat Beli (Studi Kasus pada Maskapai Penerbangan AirAsia di Kota Denpasar).E-Jurnal Manajemen,8(7),Hal. 4268-4297.
Rahmi, S., & Amalia, R. (2018). Pengaruh E-WoM terhadap citra perusahaan dan dampaknya terhadap niat beli konsumen pada situs onlineShopee. Id.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen,3(2),Hal. 75-84.
Riduwan & Engkos Achmad Kuncoro. (2017). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis(Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta
Robbins, Stephen P., & Judge, T.A. (2013). Organizational Behavior. United State of America : Prentice Hall.
Ryzan, K. D., Priyowidodo, G., & Tjahjo, J. D. W. (2020). Pengaruh Electronic Word of MouthTerhadap Brand AwarenessKedai Kopi Kenangan Pada Warga Kota Surabaya.Jurnal e-Komunikasi,8(2).Hal. 1-12.
Saputra, I. K. A. & Widagda K, I. G. N. J .A. (2020). Brand Image Product Knowledgedan Electronic Word Of MouthBerpengaruh Terhadap Purchase Intention, E-Jurnal Manajemen. 9(3), hal. 1129-1148
Saputra, S. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth(E-WOM) dan Citra Merek Terhadap Minat Belanja Konsumen Di Batam.Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis,5(1), Hal. 1-11.
Setyawati, S. M., & Rosiana, M. (2018). Sikap Konsumen Sebagai Mediasi Pengaruh Kredibilitas Selebriti dan E-WOMTerhadap Niat Beli (Studi Empiris Pada Konsumen Bandung Makuta).Sustainable Competitive Advantage (SCA),8(1).Hal. 1-11.
Shaari, H., Hamid, S. N. S. A., & Mabkhot, H. A. (2022). Millennials' response toward luxury fashion brands: The balance theory's perspective.Gadjah Mada International Journal of Business,24(1),Hal. 101-126.
Shamsudin, M. F., Hassan, S., Ishak, M. F., & Ahmad, Z. (2020). Study Of Purchase Intention Towards Skin Care Products Based On Brand Awareness And Brand Association.7(16), Hal. 990–996.
Sharifpour, Y., Sukati, I., & Alikhan, M. N. A. B. (2016). The influence of electronic word-of-mouth on consumers’ purchase intentions in iranian telecommunication industry.American Journal of Business, Economics and Management,4(1),Hal. 1-6.
Sulthana, A. N., & Vasantha, S. (2019). Influence of electronic word of mouth EWOMon purchase intention.International Journal of Scientific & Technology Research,8(10), 1-5.
Sumangla, R. dan Panwar, A. (2014). Capturing, Analyzing, and Word of Mouth in Digital Marketplace. USA: IGI Global.
Suyoga, I. B. G. A., & Santika, I. W. (2018).PeranBrand Image dalamMemediasiPengaruhElectronic Word of Mouth Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana,7(6), Hal. 3230-3257.
Upadana, K., & Pramudana. S. (2020). Brand AwarenessMemediasi Pengaruh Social Media MarketingTerhadap Keputusan Pembelian. 9(5),Hal. 1921-1941
Wedayanti, K. A., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Peran Brand ImageMemediasi Pengaruh Electronic Word of MouthDan Brand AwarenessTerhadap Niat Beli.E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana,9(6),Hal.2434.
Wulandari, I. S. (2020). Pemanfaatan E-Wom Dalam Kegiatan Komunikasi PemasaranProduk Es Krim Aice, Journal of StrategicCommunication, 11(1), hal. 46-50
Yulian, T. D., & Andjarwati, A. L. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Dan Kelompok Acuan Terhadap Niat Beli Honda Pcx 150.UNEJ e-Proceeding.