PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE OPPO DI KOTA DENPASAR
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi yang cukup pesat membuat kebutuhan akan smartphone semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari masyarakat bahkan lebih mementingkan smartphone dibandingkan bersosialisasi dengan teman- teman atau kerabat yang ada di lingkungan sekitarnya. Sehingga menjadi peluang besar perusahaanperusahaan smartphone dalam memasarkan produknya ke pangsa pasar yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Brand image dalam memediasi pengaruh E-WOM terhadap keputusan pembelian produk smartphone Oppo di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan pada produk smartphone Oppo dengan menggunakan metode non probability sampling khususnya purposive sampling. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil analisis dari penelitian ini yakni E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand image, Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Brand image mampu memediasi pengaruh E-WOM terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan perusahaan Oppo dapat memperhatikan E-WOM yang baik di media internet dengan harapan mampu mampu meningkatkan Brand image dari Oppo sehingga berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Rapid development of communication technology has made the need for smartphones increasing. This can be seen from the community even more concerned with smartphones than socializing with friends or relatives in the surrounding environment. So that it becomes a great opportunity for smartphone companies to market their products to a wider market share. This study aims to determine the role of Brand image in mediating the influence of E-WOM on the purchase decision of Oppo smartphone products in Denpasar City. This research was conducted on Oppo smartphone products using non-probability sampling methods, especially purposive sampling. The number of respondents in this study were 100 respondents. The results of the analysis of this study are E-WOM has a positive and significant effect on purchasing decisions, E-WOM has a positive and significant effect on Brand image, Brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions, Brand image is able to mediate the influence of E-WOM on purchasing decisions Based on the results of this study, it is hoped that Oppo can pay attention to good E-WOM on internet media in the hope of being able to improve Oppo's Brand image so that it influences purchasing decisions.
Downloads
References
Ariyanti, R., Ekowati, T., & Prasaja, M. G. (2021). Pengaruh E-WOM(Electronic Word of mouth) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Smartphone Samsung Di Purworejo). VOLATILITAS, 3(3).
Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). Peran Brand ImageMemediasi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 8 (8), hal 5222-5239.
Badir, M., & Andjarwati, A. L. (2020). The Effect of E-WOM, Ease of Use and Trust on Purchase Decisions (Study on Tokopedia Application Users). Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 7(1), 39-52.
Bhinneka. (2022). Oppo Reno 7z 5G Super Amoled Garansi Resmi. Website: https://www.bhinneka.com/oppo-reno-7z-5g-super-amoled-garansi-resmi-8128-aurora-sku0025419433
Budiarto, H. R., Nayiroh, L., & Lubis, F. M. (2023). Pengaruh Electronic Word Of MouthDi Media Sosial FacebookTerhadap Brand ImageCoffee House. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi,7 (1), hal. 95-103.
Damayanti, Y. (2019). Kajian Literatur Efektivitas Electronic Word of mouth (E-Wom) Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Sosial Media. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 2(1), hal. 31-45.
Dewi, L. G. P. S., Oei, S. J., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase decision of Pantene Shampoo inSurabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences, 76.
Dewi, N. S., & Sudiksa, I. B. (2019). Peran Kepercayaan Merek Memediasi Electronic Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 8 (6), hal. 3784-3813
Djatmiko, T., & Pradana, R. (2016). Brand Imageand Produk Price; its impact for Samsung Smartphone Purchasing Decision. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 219, hal. 221 –227
Elaziz et al. (2015). Determinants of Electronic Word of mouth (EWOM) influence on hotel customers' purchasing decision. Journal of Faculty of Tourism and Hotels, Fayoum University, 9 (2).
Fauzi, L., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review, Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-COMMERCE. Jurnal Muhammadiyah manajemen bisnis, 2(1).
Fitriana, N. S. (2022). OPPO Rajai Pasar Smartphone Indonesia di Q2 2022. Website:https://inet.detik.com/consumer/d-6305111/oppo-rajai-pasar-smartphone-indonesia-di-q2-2022
Foster, B. (2016). Impact of Brand Imageon Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis” (Case Study on Bintang Trading Company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 2.Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Handi, Hendratono, T., & Ihalauw J. J. O. I. (2018). The Effect of E-WOMand Perceived Value on the Purchase Decision of Foods by Using the Go-Food Application as Mediated by Trust. Quality Innovation Prosperity, 22(2), 112-127.
Hariono, L. (2018). Apakah E-WOM(Electronic Word of mouth) Bisa Mengalahkan WOM (Word of mouth) Dalam Mempengaruhi Penjualan Produk Kuliner. Kompetensi, 12 (1).
Hermiyenti, S., & Wardi, Y. (2019). A literature review on the influence of promotion,price and Brand Imageto purchase decision. In 2nd Padang International Conference on Education, Economics, Business and Accounting (PICEEBA-2 2018) (pp. 254-261). Atlantis Press.
Huda, N. (2020). Pengaruh Brand ImageTerhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makasar. Asy-syarikah, 2 (1).
IDC. (2022). Indonesia’s Smartphone Market Declined 10% YoY in 2Q22, IDC Reports.Website:https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prAP49691 422
IDC. (2022). Smartphone Market Suffers Fifth Consecutive Decline in Global Shipments in Q3 2022, According to IDC Tracker. Website: https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prUS49809922
Iswara, I. G. A. D. & Jatra, I. M. (2017). Peran Brand ImageDalam Memediasi Pengaruh Electronic Word of mouth Terhadap Purchase Intention (Studi Kasus Pada ProdukSmartphone Samsung di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen, 6 (8), hal. 3991-4018
Jacob et al. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa FEB USRATS. Jurnal EMBA, 6 (2).
Kompas. (2022). Rata-rata Kecepatan Internet 5G di Indonesia Saat Ini. Website : https://tekno.kompas.com/read/2022/06/06/11000077/rata-rata-kecepatan-internet-5g-di-indonesia-saat-ini?page=all
Lubis, A. A. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap KeputusanPembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16 (2).
Muharam, W., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Proceeding SENDI_U.
Nafisah, F. R., & Murniningsih, R. (2021). Pengaruh E-WOMdan Brand Imageterhadap Keputusan Pembelian dengan Price Discount sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Konsumen Shopee di Kota Magelang). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Untidar 2021, 1(1).
Naomi, I. P., & Ardiansyah, A. (2021). Pengaruh Brand Ambasador Terhadap Brand ImagePada E-Commerce Indonesia. SENMABIS: Conference Series, 1 (1).
Ningsih, S., & Pradanawati, S. L. (2021). The Influencer of Brand Image, Price and Promotion On Purchase decision (Case Study on Gea Geo Store). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5 (3).
Noor. (2016). Pengaruh bauran pemasaran 7(P) terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan jasa hotel Grand Sawit di Samarinda. eJournal administrasi bisnis, 4 (4), Hal. 1031-1045.
Noviandini, N. P. T., & Yasa, N. N. K. (2021). Peran Brand Trust Memediasi Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 10 (11).
Nugroho, I. D., & Sarah, S. (2021). Pengaruh Brand Imagedan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Busana Muslim Merek MaliQa). Jurnal Indonesia Membangun, 20 (2).
Pasharibu, Y., & Nurhidayah, A. (2021). Digitalization StrategiesThrough Brand Image, Celebrity Endorser, And EWOM of Indonesian Halal Product Towarda Purchase Decision. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5 (3).
Pradana et al. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan BrandImage terhadap keputusan pembelian motor. KINERJA, 14 (1), Hal. 16-23PT. World Innovative Telecommunication. “Tanpa Tahun”. Company Profile. Website: https://opposmartphonecp.wordpress.com/sejarah/
Putera, I. W. A. G., & Ekawati, N., W. (2022). Role Of Brand ImageAnd Brand Trustr In Mediating E-WOMOn Repurchase Intention Of Chattime Drink In Denpasar. RJOAS, 7 (127).
Putra, I. K. P. M., & Rastini, N. M. (2022). Peran Brand ImageDalam Memediasi Pengaruh E-WOMTerhadap Niat Menggunakan Gojek di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 11 (3), hal. 464-484.
Putra, T. R. I., Ridwan, & Kalvin, M. (2020). How Electronic Word of Mouth (E-WOM) Affects Purchase Intention With Brand ImageAs A Mediation Variable: Case of Xiaomi SmartphoneIn Student. Journal Of Physics: Conference Series, 1500 (1).
Rahyuda, K. (2020).Metode Penelitian Bisnis: Base Of The Research Pyramid. Denpasar: Cv Sastra Utama.Riduwan & Kuncoro. 2011. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta
Ristiani, D., & Yolanda. (2018). Pengaruh Produk dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian AC Panasonic serta Implikasinya terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi, 20 (3).
Sadewo, A. D. B., Widasari, E. R., & Muttaqin, A. (2017). Perancangan Pengendali Rumah menggunakanSmartphoneAndroid dengan Konektivitas Bluetooth. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer,1 (5), hal. 415-425.
Sadya, S. (2022). Persentase Pengguna Telepon Genggam RI Capai 64,87% pada 2021. Website: https://dataindonesia.id/digital/detail/persentase-pengguna-telepon-genggam-ri-capai-6487-pada-2021
Santi, I. G. A. P. C., & Suasana, I. G. A. K G. (2021). The Role of Brand ImageMediates The Effect of Electronic Word of mouth on Repurchase Intention in Starbuck Coffee. International Journal of Management and Commerce Innovations, 9 (1), hal. 328-338.
Saputri, M. E., & Pranata, T. R. (2014). Pengaruh Brand ImageTerhadap Kesetiaan Pengguna Smartphone Iphone. Jurnal Sosioteknologi, 13 (3).
Saraswati, A. R., & Giantari, I G. A. K. (2022). Brand ImageMediation of Product Quality and Electronic Word of Mouth on Purchase Decision. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences,9 (1).
Saraswati, A. R., & Rahyuda, K. (2017). Brand ImageMemediasi Kualitas Produk dan Harga denganKeputusan Pembelian Smartphone Apple di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6 (6), hal. 3252-3282.
Sari et al. (2017). Pengaruh Electronic Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.com. Jurnal Manajemen Magister, 3 (1).
Septayuda,I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi-4X. MBIA, 16 (2).
Soetanto et al. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu. PERFORMA, 5 (1).
Soinbala, R., & Bessie, J. L. (2020). Pengaruh Electronic Word of mouth (E-WOM) Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian. GLORY: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 1 (1), hal. 65-83.
Supardin, L. et al. (2022). The Effect of Electronic Wordof mouth and Price on Purchase decision Mie Ayam Bu Tumini at Yogyakarta. Bisman, 5 (2).
Susanti, Mulyono, H., & Syamsuri, A. R. (2021). Pengaruh Ketersediaan dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sumber Perintis Jaya Dolok Masihul. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 1(2), hal. 169-178.
Syafaruddin et al. (2016). Pengaruh Komunikasi Electronic Word of mouth Terhadap Kepercayaan (Trust) dan Niat Beli (Purchase Intention) serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survey Pada Konsumen Online Shopping Zafertech.com). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3 (1).
Tanjung, A., & Wicaksana, P. S. I. (2022). Analysis Consumer Purchasing Decisions in the App Tokopedia Through E-WOM, Experiental Marketing and Brand Ambassador. Enrichment: Journalof Management, 12(5),hal. 3722-3729.
Torlak et al. (2014). The Effect of Electronic Word of mouth on Brand Imageand Purchase Intention: An Application Concerning Cell Phone Brands for Youth Consumers in Turkey. Journal of Marketing Development and Competitiveness, 8 (2).
Wedanta, I. G. N. M., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Citra Merek Dalam Memediasi Pengaruh E-WOMTerhadap Niat Beli Motor Yamaha Aerox di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7 (9), hal. 5108-5138.
Wedayanti, K. A., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Peran Brand ImageMemediasi Pengaruh Electronic Word of mouth dan Brand Awareness Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen, 9 (6), hal. 2434-2454.
Wijaya, T., & Paramita, L. (2014). Pengaruh Electronic Word of mouth (ewom) terhadap keputusan pembelian kamera Dslr. Seminar Nasional dan Call for Paper (Sancall 2014).
Wikipedia. (2022). Oppo. Website: https://id.wikipedia.org/wiki/Oppo
Winandri, A. V. R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement dan E-WOMTerhadap Repurchase Intention Pada Produk Scarlett Dengan Brand ImageSebagai Variabel Mediasi. URECOL.
Yohana, N. K., Dewi, K. A., & Giantari, K. (2020) The Role of Brand ImageMediates The Effect of Electronic Word of Mouth (E-WOM) on Purchase Intention. American Jurnal of Humanities and Social Sciences Research (Issue 1).
Yunitasari, H., & Hendarti, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga dan Saluran distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk di CV. Caktra Nusantara Cabang Sragen. SMOOTING, 19(1), Hal. 51-57.