PERAN KEPERCAYAAN MEMEDIASI PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI DI TOKOPEDIA
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan pengguna internetnya yang cukup tinggi. Tingginya pengguna internet memberikan peluang bisnis online di Indonesia untuk berkembang, salah satunya marketplace Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepercayaan dalam memediasi pengaruh citra merek terhadap niat beli. Penelitian ini dilakukan pada marketplace Tokopedia di Kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden dengan alat bantu kuesioner yang diukur dengan Skala Likert. Sampel ditentukan dengan menggunakan model non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS for windows. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan citra merek dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, serta kepercayaan secara parsial memediasi hubungan citra merek terhadap niat beli. Implikasi penelitian ini dapat menjadi referensi bagi perusahan Tokopedia untuk dapat mengembangkan strategi dalam upaya menjaga dan meningkatkan citra merek dan kepercayaan konsumen, sehingga mampu meningkatkan minat konsumen dalam bertransaksi melalui Tokopedia.
Indonesia is a country with high internet users. The high number of internet users provides opportunities for online businesses in Indonesia to develop, one of which is the Tokopedia marketplace. This study aims to analyse the role of trust in mediating the effect of brand image on purchase intention. This research was conducted at the Tokopedia marketplace in Denpasar City with a sample size of 110 respondents using a questionnaire using a Likert Scale. The sample was determined using a non-probability sampling model with purposive sampling technique. The data analysis technique used is path analysis with the help of the SPSS for windows program. The results of the analysis in this study indicate that brand image and trust have a positive and significant effect on purchase intention, brand image has a positive and significant effect on trust, and trust partially mediates the relationship between brand image and purchase intention. The implications of this study can be a reference for the Tokopedia company to be able to develop strategies in an effort to maintain and improve brand image and consumer confidence, so as to increase consumer interest in transacting through Tokopedia.
Downloads
References
Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 96–104.
Anwar, R. N., & Afifah, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan Konsumen terhadap Minat Beli di situs Online (Studi Kasus pengunjung situs Lazada di Jakarta Timur). Jurnal Manajemen Agustus, 9(1), 46–57. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/manajemen
Apsari, V. (2020). Peran Kepercayaan sebagai Mediasi Pengaruh E-Wom Negatif terhadap Niat Beli Pada E-Commerce Jd.Id. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8(2), 332–341.
Aslam, W., Ham, M., dan Farhat, K. (2018). Influencing Factors of Brand Perception on Consumers’Repurchase Intention: An Examination of Online Apparel Shopping. Journal of Contemporary Management Issues, 23(2), 87–101. https://doi.org/10.30924/mjcmi/2018.23.2.87
Baiquni, M. (2020). Peran E-Wom dan Citra Merek terhadap Niat Beli Smartphone Oleh Youtube Viewers. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1283–1289.
Brand, P., Agatha, C., Tumbel, A., Soepeno, D. (2019). Pengaruh Brand Image dan Electronic Word Of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen Oriflame di Manado The Effect Of Brand Image And Electronic Word Of Mouth On Interest To Buy Oriflame Consumers In Manado. Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen, 7(1), 131–140.
CNN Indonesia. (2020). Kronologi Lengkap 91 Juta Akun Tokopedia Bocor dan Dijual. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200503153210-185-499553/kronologi-lengkap-91-juta-akun-tokopedia-bocor-dan-dijual
Fauzia Arimbi, I. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Konsumen pada Layanan Online Traveloka. SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2).
Fidita Karya, D., Anshori, M. Y., Azizah, S. R., & Herlambang, T. (2021). The Investigation of Purchase Intention in Using Skincare Product Aloe Vera 92% Shooting Gel Nature Republic in Surabaya City. 2nd International Conference on Business and Management of Technology (ICONBMT 2020), 175, 255–260.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). CV Penerbit Qiara Media.
Hulu, P., Ruswanti, E., & Unggul, U. E. (2018). Influence Of Product Quality, Promotion, Brand Image, Consumer Trust Towards Purchase Intention (Study Case On Pocari Sweat Isotonic Drink In Indonesia). Universitas Esa Unggul.
Istiqomawati, R., Priyo Nugroho, A., Paramita, T., & Yogyakarta, S. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial, Interaksi Sosial dan Kepercayaan terhadap Niat Beli Konsumen pada Media E-Commerce. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.56393/investasi.v2i1.1302
Kayawati, L., & Kurnia, E. (2021). Membangun Citra Merek Sesuai Konsep Syariah. Economic and Business Management International Journal (EABMIJ), 3(3), 39–49. https://doi.org/https://doi.org/10.556442/eabmij.v3i03.81
Khadijah, S., & Wulandari, O. A. (2020). Islamic Branding Restoran Korea Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, Dan Budaya, 6(1), 16–29.
Kirana, A., Are, P., & Setyorini, R. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Kepercayaan Konsumen terhadap Niat Beli Produk Di Shopee Indonesia. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 216–230.
Kojo Aboagye, D., Abdullah, asif, Ehsan Malik, M., Mudasar Ghafoor, M., Kashif Iqbal, H., Riaz, U., ul Hassan, N., Mustafa, M., & Shahbaz, S. (2013). Importance of Brand Awareness and Brand Loyalty in assessing Purchase Intentions of Consumer. International Journal of Business and Social Science, 4(5). www.ijbssnet.com
Kotler, P. and G. A. (2018). Principle of Marketing (17th ed.). Pearson Education Limited.
Lien, C. H., Wen, M. J., Huang, L. C., & Wu, K. L. (2015). Online hotel booking: The effects of brand image, price, trust and value on purchase intentions. Asia Pacific Management Review, 20(4), 210–218. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2015.03.005
Nathani, D., & Budiono, H. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Popularitas, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Kamera Sony. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 953–961.
Palmer, A., & McCole, P. (2000). The Role Of Electronic Commerce In Creating Virtual Tourism Destination Marketing Organisations. International Journal Of Contemporary Hospitality Management, 12(3), 198–204. doi:10.1108/09596110010320760
Permana, A. I. (2020). Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Minat Beli Pelanggan di Situs Belanja Online Bukalapak. EKONOMI BISNIS, 25(2), 94–109. https://doi.org/10.33592/jeb.v25i2.422
Picaully, M. R. (2018). Pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap niat pembelian gadget di shopee indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 31–40.
Pratama, D. W., & Santoso, S. B. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original. Diponegoro Journal of Management, 7(2), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Purwanto, A., Haque, M. G., Sunarsih, D., & Asbari, M. (2021). The Role of Brand Image, Food Safety, Awareness, Certification on Halal Food Purchase Intention: An Empirical Study on Indonesian Consumers. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(3), 42–52. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i3
Putri, L. G. D. A., & Sukaatmadja, I. P. G. (2018). Peran Kepercayaan Memediasi Citra Merek terhadap Niat Beli pada Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar. EJM UNUD, 7(5), 2470–2499. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i05.p06
Rahmi, D. T., & Nizam, A. (2017). Pengaruh Citra Merek terhadap Niat Pembelian Tiket Pesawat secara Online pada Konsumen Traveloka.Com dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(3), 70–85.
Rahyuda, K. (2020). Metode Penelitian Bisnis Base of the Research Pyramid. CV Sastra Utama.
Ryantari, W., Ayu, G., & Giantari, I. G. A. K. (2020). Green Knowledge, Green Attitude, dan Environmental Concern Berpengaruh terhadap Niat Beli. Doctoral Dissertation, Udayana University.
Sanny, L., Arina, A. N., Maulidya, R. T., & Pertiwi, R. P. (2020). Purchase intention on Indonesia male’s skin care by social media marketing effect towards brand image and brand trust. Management Science Letters, 2139–2146.
Sedana Yoga, P., Komang, & Pratiwi, A. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Price Discount Terhadap Minat Beli Konsumen Di Tokopedia. Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(2), 585–592.
Setiawan, B., Didiek Wiet Aryanto, V., Setiawan, B., & Aryanto, V. (2017). The Effects of Brand Image on Online Perceived Quality, Online Brand Personality and Purchase Intention. International Journal of Economics and Business Administration, 5(3), 70–80.
Sinambela, E. A., Azizah, R. N., Lestari, U. P., Ernawati, E., & Issalillah, F. (2022). Pengaruh Atribut Produk, Kepercayaan Merek, Negara Asal Terhadap Niat Beli Pada Konsumen Minuman Probiotik Yakult. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(4), 107–113. https://doi.org/10.47065/jtear.v2i4.269
Suryani, S., & Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating Pada Startup Business Unicorn Indonesia. Journal of Business Studies, 4(1), 41–53.
Suwito, A. R., Karyawan, K., Bojonegoro, R., Mardi, N., & Soenarmi, W. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Image, dan Variasi Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Koperasi Kareb Bojonegoro. MAP (Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik), 1(1), 110–123.
Wicaksono, S., & Ellyawati, J. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Niat Beli Ulang: Uji Kepercayaan sebagai Variabel Pemediasi. MODUS, 32(2), 127–139.
Wirayanthy, N., Santoso, S., Kristen, U., & Wacana, D. (2019). Pengaruh Harga, Citra Merek, dan Kualitas terhadap Minat Beli Produk Private Label. JMD, 2(1).
Wong, D. (2017). Pengaruh Ability, Benevolence dan Integrity Terhadap Trust, Serta Implikasinya terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce : Studi Kasus pada Pelanggan E-Commerce Di UBM. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 155–168. www.internetworldstars.com/stat3.htm
Yohana, N. K. Y., Dewi, K. A. P., & Giantari, I. G. A. K. (2020). The Role of Brand Image Mediates the Effect of Electronic Word of Mouth (E-WOM) on Purchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(1), 215–220. www.ajhssr.com
Yosua, A. (2021). Pengaruh Personal Selling, Brand Image, dan Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan (Trust) Konsumen dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Jurnal Syntax Transformation, 2(12), 1686–1699. https://doi.org/10.46799/jst.v2i12.465
Zebuah, A. J., Pemasaran, M., Tinggi, S., Graha, I. E., Muara, K., & Jambi, B. (2018). Analisis Identitas Merek, Loyalitas Merek, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 61–68. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.61─68.