MOTIVASI WOMENPRENEUR PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI TAIWAN

  • Hadi Ismanto Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Vembri Aulia Rahmi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Abdullah Mujaddid Universitas Muhammadiyah Gresik
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i05.p04

Abstrak

 


 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agustina, T. S. (2020). Pengaruh Perilaku Inovatif pada Keberhasilan Womenpreneur Etnis Madura sebagai Pedagang Pakaian Jadi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i2.127
Aisyah, S., & Rahman, A. (2022). Karakteristik Sosial Ekonomi dan Demografi yang Mempengaruhi Remitan Pekerja Migran. KINERJA, 19(1), 1–14.
Ambarwati, E., DJ, E. W., & Lestarini, N. (2020). Pemberdayaan Purna Tenaga Kerja Indonesia oleh Pemerintah Desa. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 1(1), 12–32.
Amin, P., Ulfah Arini, D., Bamang Permadi, W., & Pamulang, U. (2020). Memetakan Bakat dan Minat Siswa dengan Membangun Mental Wirausaha Guna Mendukung Program Ekonomi Kreatif Di Lingkungan Sekolah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 308–318. https://doi.org/10.31764/JMM.V4I2.2089
Brixiová, Z., Kangoye, T., & Said, M. (2020). Training, human capital, and gender gaps in entrepreneurial performance. Economic Modelling, 85, 367–380. https://doi.org/10.1016/J.ECONMOD.2019.11.006
Bullough, A., Renko, M., & Abdelzaher, D. (2014). Women’s Business Ownership: Operating Within the Context of Institutional and In-Group Collectivism. https://doi.org/10.1177/0149206314561302, 43(7), 2037–2064. https://doi.org/10.1177/0149206314561302
Del Rosa, Y., Ekonomi dan Bisnis, F., & Dharma Andalas, U. (2021). Kajian Omzet UMKM Kota Padang Saat Pandemi Covid 19 Ditinjau Dari Faktor Internal dan Eksternal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 195–207. https://doi.org/10.47233/JEBD.V23I1.195
Diana Sari, W., Nurani, R., Islam Riau, U., & Suska Riau, U. (2022). Menempatkan Peran Wirausaha Wanita Dalam Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia – Sektor Makanan & Minuman. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(2), 388–406. https://doi.org/10.37385/MSEJ.V3I2.432
Gupta, N., & Mirchandani, A. (2018). Investigating entrepreneurial success factors of women-owned SMEs in UAE. Management Decision, 56(1), 219–232. https://doi.org/10.1108/MD-04-2017-0411/FULL/XML
Hadiyati, H., & Fatkhurahman, F. (2021). Dampak Kepercayaan Diri Mahasiswa Berwirausaha Melalui Lingkungan Keluarga dan Kemandirian. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 5(1), 77–84. https://doi.org/10.31842/JURNALINOBIS.V5I1.213
Hendrayati, H., & Syahidah, R. K. (2018). Barriers and Possibilities of Implementation of Customer Relationship Management on Small and Medium Enterprises by Womenpreneurs. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 19(2), 72–87. https://doi.org/10.24198/JBM.V19I2.196
Isaga, N. (2019). Start-up motives and challenges facing female entrepreneurs in Tanzania. International Journal of Gender and Entrepreneurship, 11(2), 102–119. https://doi.org/10.1108/IJGE-02-2018-0010/FULL/XML
Jadmiko, P., Utami, W., Putri, T. D., & Davizy, R. (2022). MINAT BERWIRAUSAHA SOSIAL: STUDI EMPIRIS DIKALANGAN MAHASISWA DI BERBAGAI PERGURUAN TINGGI NEGERI DAN SWASTA. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 19(2), 165–171. https://doi.org/10.31849/JIEB.V19I2.10490
Jamu, M. E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Flores). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 1(3), 305–317. https://doi.org/10.31842/JURNAL-INOBIS.V1I3.38
Korstjens, I., & Moser, A. (2017). Series: Practical guidance to qualitative research. Part 2: Context, research questions and designs. https://doi.org/10.1080/13814788.2017.1375090, 23(1), 274–279. https://doi.org/10.1080/13814788.2017.1375090
Lahamid, Q. (2018). Hambatan dan Upaya UMKM Kreatif Menjalankan Usaha Berbasis Syariah di Kota Pekanbaru. Sosial Budaya, 15(1), 27–36. https://doi.org/10.24014/SB.V15I1.4992
Maesaroh, S. S. (2020). Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Tasikmalaya melalui Pemanfaatan System Informasi Geografis (SIG). Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 11(1), 61–74. https://doi.org/10.17509/JIMB.V11I1.21148
Maharani, I. F., Hidayat, D., & Dianita, I. A. (2021). Penerapan Digital Marketing Pada Konteks Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Womenpreneur “Maima” Indonesia. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 7(2), 699–709.
Martela, F., & Pessi, A. B. (2018). Significant work is about self-realization and broader purpose: Defining the key dimensions of meaningful work. Frontiers in Psychology, 9(MAR), 363. https://doi.org/10.3389/FPSYG.2018.00363/BIBTEX
Maryati, W., & Masriani, I. (2019). Peluang Bisnis Di Era Digital Bagi Generasi Muda Dalam Berwirausaha: Strategi Menguatkan Perekonomian. Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis), 4(2), 125–130. https://doi.org/10.33005/MEBIS.V4I2.62
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Nabillah, O., Dan, B., & Hidayah, N. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial, Basis Pengetahuan Dan Orientasi Pribadi Terhadap Keberhasilan Wanita Wirausaha. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(2), 426–434. https://doi.org/10.24912/JMK.V3I2.11889
Nengseh, R. R., & Kurniawan, R. Y. (2021). Efikasi Diri Sebagai Mediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan dan Sains, 9(2), 156–167. https://doi.org/10.33603/EJPE.V9I2.5157
Neta, M., & Haas, I. J. (2019). Movere: Characterizing the role of emotion and motivation in shaping human behavior. Nebraska Symposium on Motivation, 66, 1–9. https://doi.org/10.1007/978-3-030-27473-3_1/COVER
Neumeyer, X., Santos, S. C., Caetano, A., & Kalbfleisch, P. (2019). Entrepreneurship ecosystems and women entrepreneurs: a social capital and network approach. Small Business Economics, 53(2), 475–489. https://doi.org/10.1007/S11187-018-9996-5/METRICS
Nuryanto, U. W., Djamil, M., Sutawidjaya, A. H., Saluy, A. B., Studi, P., & Manajemen, D. (2020). Analisis Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi, Pendidikan Wirausaha dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Wirausaha UMKM Di Kabupaten Serang. Dynamic Management Journal, 4(2), 27–39. https://doi.org/10.31000/DMJ.V4I2.2315
Özsungur, F. (2019). A research on women’s entrepreneurship motivation: Sample of Adana Province. Women’s Studies International Forum, 74, 114–126. https://doi.org/10.1016/J.WSIF.2019.03.006
Rosca, E., Agarwal, N., & Brem, A. (2020). Women entrepreneurs as agents of change: A comparative analysis of social entrepreneurship processes in emerging markets. Technological Forecasting and Social Change, 157, 120067. https://doi.org/10.1016/J.TECHFORE.2020.120067
Rudhumbu, N., du Plessis, E. (Elize), & Maphosa, C. (2020). Challenges and opportunities for women entrepreneurs in Botswana: revisiting the role of entrepreneurship education. Journal of International Education in Business, 13(2), 183–201. https://doi.org/10.1108/JIEB-12-2019-0058/FULL/XML
Sajjad, M., Kaleem, N., Chani, M. I., & Ahmed, M. (2020). Worldwide role of women entrepreneurs in economic development. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 14(2), 151–160. https://doi.org/10.1108/APJIE-06-2019-0041
Sakai, M., & Fauzia, A. (2022). Women Entrepreneurs, Islam and the Middle Class. 1–43. https://doi.org/10.1007/978-3-031-05954-4_1
Santoso, S. F. (2020). Lingkungan Keluarga Sebagai Awal Pengembangan Kewirausahaan Islam. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 5(1), 13–22. https://doi.org/10.47200/JNAJPM.V5I1.418
Shi, B., & Wang, T. (2021). Analysis of Entrepreneurial Motivation on Entrepreneurial Psychology in the Context of Transition Economy. Frontiers in Psychology, 12, 2979. https://doi.org/10.3389/FPSYG.2021.680296/BIBTEX
Supriyatin, S. (2019). Studi Tentang Program “Oke Oc” dan Pengaruhnya terhadap Iklim Usaha Kecil Menengah di Jakarta Tahun 2018-2019. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(01), 147–174. https://doi.org/10.36406/JAM.V16I01.276
Surya, A. (2021). Analisis Faktor Penghambat UMKM Di Kecamatan Cileungsi. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 11(2), 342–350. https://doi.org/10.37932/J.E.V11I2.354
Vernia, D. M. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Mitra Bakti Husada Bekasi. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(2), 105–114. https://doi.org/10.31849/LECTURA.V9I2.1593
Wartiovaara, M., Lahti, T., & Wincent, J. (2019). The role of inspiration in entrepreneurship: Theory and the future research agenda. Journal of Business Research, 101, 548–554. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2018.11.035
Winarti, W., Amelia, L., & Wahyuningsih, Y. (2022). Membangun Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa melalui Bisinis Teknologi Digital. Journal on Education, 5(1), 933–941.
Diterbitkan
2023-06-15
##submission.howToCite##
ISMANTO, Hadi; RAHMI, Vembri Aulia; MUJADDID, Abdullah. MOTIVASI WOMENPRENEUR PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI TAIWAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 5, p. 502 - 521, june 2023. ISSN 2302-8912. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/manajemen/article/view/100029>. Tanggal Akses: 22 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i05.p04.
Bagian
Articles