PERSEPSI DOSEN TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DILEMA ETIKA UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA
Abstract
Pendahuluan: Dilema etika dalam konteks dokter-pasien dapat diartikan sebagai situasi yang
mana individu dihadapkan pada dua atau lebih pilihan yang sama-sama mengandung nilai moral
yang bertentangan. Banyak dokter merasa bingung dan tidak percaya diri ketika harus mengambil
keputusan terkait dilema etika, maka dari itu pembelajaran mengenai dilema etika penting diajarkan
sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pendekatan pembelajaran dilema etika,
dengan fokus pada tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, dan metode penilaian yang
relevan dan sesuai untuk diterapkan di Universitas Udayana bagi mahasiswa kedokteran preklinik.
Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif eksploratif, dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Sampel penelitian ini terdiri dari empat orang
staf pengajar Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
Hasil: Keempat informan menyatakan pentingnya pelaksanaan pembelajaran ini bagi mahasiswa
preklinik Universitas Udayana untuk membantu mereka mengasah pemahaman serta kemampuan
dalam menghadapi situasi yang melibatkan pertentangan etis.
Pembahasan: Metode pembelajaran yang direkomendasikan, seperti roleplay dan problem-based
learning, dapat diintegrasikan secara efektif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap
etika medis. Selain itu, metode penilaian yang paling mudah untuk diintegrasikan ke dalam
kurikulum adalah multiple choice question. Namun, disarankan agar penilaian tidak hanya berfokus
pada aspek teori, melainkan juga pada pola pikir mahasiswa, seperti penilaian esai dan pembuatan
video roleplay.
Simpulan: Untuk mengintegrasikan pembelajaran mengenai dilema etika secara efektif, penting
untuk memilih dengan cermat tujuan, metode pembelajaran, dan metode penilaian. Hal ini akan
memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang
diinginkan.
Kata kunci: dilema etika, kurikulum, mahasiswa kedokteran, pembelajaran etika
Downloads
References
pendidikan profesi dokter Indonesia.
7
Konsil Kedokteran Indonesia 2019;28–
31.
2. Continisio GI, Serra N, Guillari A,
Simeone S, Lucchese R, Gargiulo G, et
al. Evaluation of soft skills among italian
healthcare rehabilitators: A cross
sectional study. J Public Health Res
2021;10(3):522–8.
3. Bringedal B, Isaksson Rø K, Magelssen
M, Førde R, Aasland OG. Between
professional values, social regulations
and patient preferences: Medical
doctors’ perceptions of ethical dilemmas.
J Med Ethics 2018;44(4):239–43.
4. Panduan Pendidikan Program Studi
Kedokteran Universitas Airlangga.
Universitas Airlangga; 2019.
5. Fakultas Kedokteran Universitas
Brawijaya. Pedoman Akademik Program
Studi Sarjana Kedokteran Fakultas
Kedokteran Universitas Brawijaya.
Universitas Brawijaya; 2018.
6. Buku Peraturan Akademik Program
Studi Pendidikan Dokter Fakultas
Kedokteran Universitas Udayana.
Universitas Udayana; 2016.
7. Beigy M, Pishgahi G, Moghaddas F,
Maghbouli N, Shirbache K, Asghari F, et
al. Students’ medical ethics rounds: A
combinatorial program for medical ethics
education. J Med Ethics Hist Med
2016;9:1–12.
8. Siwatch S, Rohilla M, Singh A, Ahuja C,
Jain K, Jain V. Pregnancy in a Persistent
Vegetative State: A Management
Dilemma. Case Report, Literature
Review and Ethical Concerns. Journal of
Obstetrics and Gynecology of India
2020;70(4):310–3.
9. Gonzales, Fermín & Piero M. Since
January 2020 Elsevier has created a
COVID-19 resource centre with free
information in English and Mandarin on
the novel coronavirus COVID-. Ann
Oncol 2020;(January):19–20.
10. De Panfilis L, Di Leo S, Peruselli C,
Ghirotto L, Tanzi S. “i go into crisis when
...”: Ethics of care and moral dilemmas in
palliative care. BMC Palliat Care
2019;18(1):1–8.
11. Herbst LA, deSante-Bertkau J. Ethical
Dilemmas at the Beginning and End of
Life: A Needs-Based, Experience-
Informed, Small-Group, Case-Based
Curriculum for Pediatric Residents.
MedEdPORTAL 2020;16:10895.
12. Chowdhury S, Chakraborty P pratim.
Universal health coverage - There is
more to it than meets the eye. J Family
Med Prim Care 2017;6(2):169–70
13. Grosek Š, Kučan R, Grošelj J, Oražem
M, Grošelj U, Erčulj V, et al. The first
nationwide study on facing and solving
ethical dilemmas among healthcare
professionals in Slovenia. PLoS One
2020;15(7).
14. Grosek Š, Kučan R, Grošelj J, Oražem
M, Grošelj U, Erčulj V, et al. The first
nationwide study on facing and solving
ethical dilemmas among healthcare
professionals in Slovenia. PLoS One
2020;15(7).
15. Dressler G, Garrett SB, Hunt LJ,
Thompson N, Mahoney K, Sudore RL, et
al. “it’s Case by Case, and It’s a
Struggle”: A Qualitative Study of Hospice
Practices, Perspectives, and Ethical
Dilemmas When Caring for Hospice
Enrollees with Full-Code Status or
Intensive Treatment Preferences. J
Palliat Med 2021;24(4):496–504.
16. Hukum J, Kesehatan E, Wisnu AK, Sp B,
Yovita D, Mangesti A, et al. PRESUMED
CONSENT ATAS TINDAKAN MEDIS
BERISIKO TINGGI PADA
KEGAWATDARURATAN : PERSPEKTIF
UNDANG-UNDANG NOMOR 17 TAHUN
2023. 2023.
17. Shrestha C, Shrestha A, Joshi J, Karki S,
Acharya S, Joshi S. Does teaching
medical ethics ensure good knowledge,
attitude, and reported practice? An
ethical vignette-based cross-sectional
survey among doctors in a tertiary
teaching hospital in Nepal. BMC Med
Ethics 2021;22(1):109.
18. Kuhn E, Lunden L. Ethik First-
extracurricular support for medical
students and young physicians facing
moral dilemmas in hospital routine
[Internet]. 2021. Available from:
http://www.ethik-first.de]
19. Muhaimin A, Willems DL, Utarini A,
Hoogsteyns M. What Do Students
Perceive as Ethical Problems? A
Comparative Study of Dutch and
Indonesian Medical Students in Clinical
Training. Asian Bioeth Rev
2019;11(4):391–408.
20. Roy S, Shah MH, Ahluwalia A, Harky A.
Analyzing the Evolution of Medical Ethics
Education: A Bibliometric Analysis of the
Top 100 Cited Articles. Cureus 2023;
21. AlRukban M, Alajlan F, Alnasser A,
Almousa H, Alzomia S, Almushawah A.
Teaching medical ethics and medical
professionalism in Saudi public and
private medical schools. PLoS One
2024;19(2):e0298605.
22. Souza AD, Vaswani V. Diversity in
approach to teaching and assessing
ethics education for medical
undergraduates: A scoping review.
Annals of Medicine and Surgery
2020;56:178–85.
23. Amin I, Tamang EL, Khan M.
Effectiveness of Problem-Based
Learning versus Traditional Lecture
8
24. Method in Terms of Knowledge among
Nursing Students in a Selected Nursing
College of Kashmir. Indian Journal of
Continuing Nursing Education
2023;24(1):63–7.
Can Bilgin A, Timbil S, Huseyin Guvercin
C, Ozan S, Semin S. Preclinical
Students’ Views on Medical
Ethics Education: A Focus Group Study
in Turkey. Acta Bioeth 2018;24(1):105–
15.
25. Liu Y, Erath A, Salwi S, Sherry A,
Mitchell MB. Alignment of Ethics
Curricula in Medical Education: A
Student Perspective. Teach Learn Med
2020;32(3):345–51.
26. Rattani A, Kaakour D, Syed RH, Kaakour
AH. Changing the channel on medical
ethics education: systematic review and
qualitative analysis of didactic-
icebreakers in medical ethics and
professionalism teaching. Monash Bioeth
Rev 2021;39(1):125–40.