GAMBARAN TINGKATAN BURNOUT PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA ANGKATAN 2020 SELAMA PENGERJAAN SKRIPSI

  • Kadek Intan Puspita Dewi Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Sri Darmayani Departemen Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Ida Bagus Amertha Putra Manuaba Departemen Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Gusti Ayu Harry Sundariyanti Departemen Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

ABSTRAK


 


Pendahuluan: Skripsi adalah tugas akhir bagi setiap mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Dalam pengerjaan skripsi mahasiswa pastinya mengalami beberapa hambatan-hambatan baik itu dalam mencari jurnal, menentukan judul atau saat mengolah data serta mengingat bahwa Mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran (FK Unud) harus tetap mengikuti materi blok lain yang berjalan bersamaan dengan pengerjaan skripsi, hal ini menambah beban akademis sehingga mereka rentan mengalami burnout . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkatan burnout pada mahasiswa selama pengerjaan skripsi ( studi elektif ).


Metode: Penelitian ini dilakukan dengan desain kuantitatif pendekatan deskriptif terhadap 74 Mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran (FK Udayana) tahun 2020 yang telah menyelesaikan skripsi sejak Januari 2023 sampai Maret 2023. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner MBI dengan teknik pengambilan sempel menggunakan convenience sampling.


Hasil: Sebagian besar siswa (55,1%) mengalami burnout tingkat berat, dengan dimensi penurunan prestasi diri menjadi yang paling signifikan (71,8%). Selain itu, 43,6% siswa mengalami burnout sedang pada dimensi kelelahan emosional, sementara pada dimensi depersonalisasi, sebanyak 43,6% berada pada kategori burnout berat.


Simpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa PSSK Universitas Udayana mengalami burnout yang signifikan selama pengerjaan skripsi, terutama dalam dimensi penurunan prestasi diri dan depersonalisasi. Beban yang berat akademik, ditambah dengan tugas-tugas lainnya, memberikan kontribusi besar terhadap tingginya tingkat burnout ini. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

1 Rosyad Ys. Tingkat Stres Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yogyakarta Dalam Menyusun Skripsi Tahun Akademik 2018/2019. Cahaya Pendidikan. Juni 2019;5(1):56–64.
2. Ramanda P, Sagita Dd. Stres Akademik Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Kopasta. 2020;7(2):94–100.
3. Marjan F, Sano A, Ifdil I. Tingkat Kecemasan Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Dalam Menyusun Skripsi. Jpgi (Jurnal Penelitian Guru Indonesia). 23 November 2018;3(2):84.
4. Wakhyudin H, Putri Ads. Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. Wasis : Jurnal Ilmiah Pendidikan. 22 Juni 2020;1(1):14–8.
5. Darna, Nana, Nursolih E. Pengaruh Restrukturisasi Birokrasi Dan Komunikasi Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai (Suatu Studi Pada Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy Kota Banjar). 2023;
6. Azahra Js. Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Coping [Internet]. 2019 [Dikutip 2 Oktober 2024]. Tersedia Pada: Http://Repository.Unj.Ac.Id/Id/Eprint/95
Published
2025-04-06
How to Cite
PUSPITA DEWI, Kadek Intan et al. GAMBARAN TINGKATAN BURNOUT PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA ANGKATAN 2020 SELAMA PENGERJAAN SKRIPSI. Essential: Essence of Scientific Medical Journal, [S.l.], v. 22, n. 2, p. 63-72, apr. 2025. ISSN 2655-6472. Available at: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/essential/article/view/121345>. Date accessed: 20 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/essential.v22i2.121345.