PENGARUH E-PRICE DAN E-TRUST TERHADAP E-LOYALTY PADA ERA PANDEMIK
Abstrak
Semakin berkembangnya waktu, banyak platform e-commerce yang ada di Indonesia, sehingga persaingan dalam mempertahankan loyalitas konsumen pada suatu website e-commerce kerap terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-price dan e-trust terhadap e-loyalty, serta peran e-trust dalam memediasinya. Metode penelitan yang digunakan adalah kuantitatif dan menggunakan kuisioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah beberbelanja online melalui online marketplace Indonesia yang berdomisili di provinsi Bali. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan accidental sampling serta sampel sebesar 120 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan path analysis. Hasil dari penelitian ini adalah Shopee menjadi e-commerce dengan peminat terbesar di Bali. E-price dan e-trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyalty, dan e-price berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-trust, e-trust dapat memediasi pengaruh e-price terhadap e-loyalty. Penelitian ini diharapkan dapat mampu memberikan masukan kepada peneliti selanjutnya, penyedia e-commerce, seller yang berjualan di e-commerce dan pelanggan. Pemberian harga yang wajar, keamanan dalam bertransaksi, kepercayaan terhadap vendor online, tentu akan meningkatkan loyalitas konsumen, baik dengan tidak berpindah ke e-commerce lain, dan merekomendasikannya ke orang lain.