STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN DEPARTEMEN FRESH FOOD TIARA DEWATA MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
Abstrak
Keluhan pelanggan menunjukkan masih terdapat kekurangan dalam pelayanan departemen fresh food Tiara Dewata. Hal tersebut menjadi acuan pihak Tiara Dewata untuk menganalisis permasalahan tersebut guna menjaga kepercayaan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu menganalisis kebutuhan dan keinginan pelanggan serta mengetahui strategi tepat untuk peningkatan pelayanan departemen fresh food Tiara Dewata. Penelitian dilakukan melalui survei kepada 100 orang pelanggan serta wawancara dengan pihak Tiara Dewata, Denpasar. Berdasarkan analisis QFD terdapat 11 atribut kepentingan pelanggan dan 14 parameter teknis untuk mencapai kepuasan atribut kepentingan pelanggan. Hasil analisis menunjukkan perusahaan masih dapat melakukan peningkatan pelayanan dengan rasio perbaikan tertinggi dengan nilai 1,39 yaitu kelengkapan label harga produk dan pemahaman karyawan terhadap produk. Selain itu, perusahaan dapat meningkatkan teknis responsi keluhan terhadap pelanggan sehingga kepuasan pelanggan dan target perusahaan dapat tercapai secara optimal.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Agustian, I., H. E. Saputra, dan A. Imanda. 2019. Pengaruh Sistem Informasi Manajamen terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan di PT. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Jurnal Professional FIS UNIVED. 6(1): 42-60.
Ananda, G. C. 2019. Faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi beli konsumen padapasar swalayan maju bersama marendal Medan. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 12(2): 20-32.
Apriyadillah, P. P. 2018. Analisis pengaruh kualitas produk, kesesuian harga, intensitas promosi terhadap keputusan pelanggan rokok djarum l.a bold (Studi kasus pada Kelurahan Dawuhan Kabupaten Situbondo). Skripsi. Tidak Dipublikasikan.
Bakhtiar, A., M. Aulia., dan A. Susanty. 2017. Perbandingan kualitas layanan ritel swalayan menggunakan competitive zone of tolerance based dan importance- performance analysis. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 16(1): 65-72.
Charlis, A. A., P. Diana., dan M. M. Warso. 2015. Pengaruh keanekaragaman produk, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen Giant supermarket puri anjasmoro Semarang. Journal of Management, 1(1): 1-11.
Cohen, L. 1995. How to make QFD work for you. Reading, MA: Addison-Wesley Publishing. https://www.amazon.com/Quality-Function-Deployment-Make-Work/dp/0201633302?asin=0201633302&revisionId=&format=4&depth=1. Diakses pada 05 Agustus 2022.
Fristiana, D. A. 2012. Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada ramai swalayan peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1):1-9.
Harahap, R. T. M. 2021. Analisis IPA (Importance Performance Analysis) dan CSI (Pelanggan Satisfaction Index) pada bisnis mie aceh basilam di kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Medan, Universitas Sumatera Utara.
Hismuddin, M. H., R. Arifin., dan A. R. Slamet. 2020. Pengaruh kualitas produk, harga, store atmosphere, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di swalayan mahkota Gresik (studi kasus pada pelanggan swalayan mahkota). E-Jurnal Riset Manajemen, 9(10): 1-19.
Kaisupy, T. D., H. Salampessy., dan S. Marasabessy. 2020. Pengaruh pasar modern terhadap pola belanja makanan pokok dari wanita bekerja dan wanita tidak bekerja di kota Ambon. Jurnal Management Research, 3(2): 242-253.
Kantohe, J., M. Karuntu. 2014. Faktor yang mempengaruhi konsumen dalam berbelanja pada fiesta pasar swalayan Manado. Jurnal EMBA, 2(1): 66-77.
Khairi, N. W. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan, harga, kelengkapan produk dan lokasi terhadap kepuasan konsumen koperasi pegawai republik Indonesia Omi swalayan. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.
Kotler, P. dan K. L. Keller. 2012. Marketing Management. Prentice Hall, New Jersey. 14th Edition, Pearson Education.
Lianardi, W., dan S. Chandra. 2019. Analysis of service quality, product completeness, and price on purchasing decisions at Juni minimarket Pekanbaru. Jurnal Akuntansi, 4(1): 45-58.
Lianingsih, T. 2019. Pengukuran kinerja departemen fresh food Tiara Dewata swalayan Denpasar dengan metode balanced scorecard. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 7(4): 635-645. Fakultas Teknologi Pertanian.
Melliana., T., M. Yusrizal dan Fitra. 2019. Tingkat pelayanan swayalan XYZ terhadap kepuasan pelanggan di Kota Dumai. Talenta Conference Energy and Engineering (EE), 2(4): 151-157.
Purnomo., R. Setiawan, dan F. S. Wisnu. 2019. Analisis strategi dan pengembangan produk unggulan pada industri kecil menengah bahan kaca di malang. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 7(2), 134-139.
Purwantoro. 2019. Pengaruh pemilihan tata letak produk, harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian pada swalayan “grace mart” bangun jaya. Jurnal Imliah Manajemen dan Bisnis, 1(1): 12-17.
Rajaguguk, A., M. Effendi., dan A. Suryani. 2021. Pengaruh pengetahuan produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen homesmart rantau prapat. Jurnal Dharmawangsa, 15(2): 292-298.
Ramadhan, M. 2016. Service quality measurement of swalayan X by integrating servqual and kano into QFD. Fakultas Teknologi Industri. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya
Siregar, I., dan A. Kevin. 2017. Perancangan produk tempat tisu multifungsi dengan menggunakan Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Sistem Teknik Industri, 19(2): 21-29.
Sudaryana, A. 2011. Perilaku konsumen dalam berbelanja pada supermarket di Yogyakarta. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 8: 67-83.
Taylor, S. 2019. The Butterfly Effect: How a Bad Pelanggan Review Can Damage Your Reputation. Sanderson from Aptean. https://www.sanderson.com. Diakses 11 Februari 2022.
Tjiptono, F. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2000. Perspektif manajemen dan pemasaran kontemporer. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Triana, D. dan W. O. Widyarto. 2013. Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi di Provinsi Banten. Jurnal Fondasi. 1(1):182-190.
Yuarini, D. A. A., I K. Satriawan dan I D. P. O. Suardi. 2015. Strategi peningkatan kualitas produk sayuran segar organik pada CV. Golden Leaf Farm Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis, 3(2):93-109.
Yulianti, N., dan I. A. Soenandi. 2014. Usaha peningkatan pelayanan PT. x swalayan dengan metode fuzzy Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 2(1):21-27.
