Pembangkit Pertanyaan Otomatis pada Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbahasa Indonesia di Tingkat Sekolah Dasar Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom

  • Veronica Ambassador Flores Teknologi Informasi
  • Lie Jasa
  • Rukmi Sari Hartati
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/MITE.2021.v20i02.P19

Abstrak

Pembuatan pertanyaan pada suatu ujian merupakan proses yang kompleks, dikarenakan proses ini membutuhkan pengetahuan dan waktu yang lama dalam penyusunannya. Penyusunan pertanyaan dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan terstruktur dengan adanya sistem Automatic Question Generator (AQG).  Aplikasi ini memanfaatkan Metode   Text Matching untuk menemukan kata kunci pada suatu paragraf, dimana kata kunci ini akan diidentifikasi menggunakan Metode Expected Answer Type (EAT). Metode EAT membantu untuk mengidentifikai jenis jawaban pada suatu paragraf sehingga dapat diketahui jenis pertanyaan yang akan di generate. Jenis pertanyaan yang digunakan yaitu 5W + 1H yang terdiri dari Siapa, Dimana, Kapan, Mengapa, Apa, Bagaimana, dan Berapa Banyak. Metode selanjutnya adalah Metode Template Based yang berperan dalam menyusun kalimat pertanyaan berdasarkan template yang sudah didaftarakan sebelumnya. Pertanyaan yang dihasilkan menggunakan konsep Revisi Taksonomi Bloom, dimana pertanyaan ini terdiri dari kategori (1) mengingat (2) memahami (3) mengaplikasikan (4) menganalisis (5) mengevaluasi dan (6) mencipta. Hasil uji coba dari 14 materi pembelajaran, aplikasi dapat meghasilkan 826 pertanyaan dengan tingkat rata-rata akurasi sebesar 89%.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

Lie Jasa

Staff Pengajar,Magister Teknik Elektro Universitas Udayana Gedung Pascasarjana Universitas Udayana, Jl. PB Sudirman Denpasar-Bali 80234 INDONESIA (tlp: 0361-555225; e-mail: liejasa@unud.ac.id)

Rukmi Sari Hartati

Staff Pengajar,Magister Teknik Elektro Universitas Udayana Gedung Pascasarjana Universitas Udayana, Jl. PB Sudirman Denpasar-Bali 80234 INDONESIA (tlp: 0361-555225; e-mail: rukmisari@unud.ac.id)

Referensi

REFERENSI
[1] M. Liu, V. Rus and L. Liu, "AUTOMATIC CHINESE FACTUAL QUEATION GENERATION," Institute of Electrical and Electronics Engineers Transactions on Learning Technologies, vol. 10, no. 2, 2017.
[2] A. P. Sari and A. Setiawan, "The Development of Internet-Based Economic Learning Media," IJAL, vol. 3, no. 2, 2018.
[3] D. S. V and R. C. Samant, "An Overview of Automatic Question Generation," IJSETR, vol. 3, no. 10, 2014.
[4] S. Rakangor and Y. R. Ghodasara, "LR OF AUTOMATIC QUESTION GENERATION," IJSRP, vol. 5, no. 1, 2015.
[5] Aminudin, A. SN and B. Ahmad, "Automatic Question Generation (AQG) dari Dokumen Teks Bahasa Indonesia Berdasarkan Non-Factoid Question," JTIIK, vol. 5, no. 2, 2018.
[6] Vijayalakshmi and B. B, "Automatic Question Paper Generation System," IJSRCSEIT, vol. 3, 2017.
[7] M. Liu, V. Rus and L. Liu, "AUTOMATIC QUESTION MCQ GENERATION USING SIMILARITY STRATEGY," Institute of Electrical and Electronics Engineers Journal Transactions on Learning Technologies, vol. 2, 2016.
[8] P. Setyawan, "Guru Tidak Kreatif Membuat Soal," 17 Februari 2012. [Online]. Available: https://news.okezone.com/read/2012/02/17/373/577405/guru-tidak-kreatif-membuat-soal. [Accessed 14 Februari 2020].
[9] J. Spring, "American Education," in Sociocultural, Political, and Historical Studies in Education, New York, Routledge, 2015.

[10] C. Gupta, A. Jain and A. S. D’Souza, "Essay Versus Multiple-Choice: A Perspective from the Undergraduate Student Point of View with its Implications for Examination," Gazi Medical Journal, vol. 27, no. 1, 2015.
[11] R. Jusuf, W. Sopandi, Ratnawulan and U. S. Sa’ud, "Profil Karakteristik Soal Ujian Nasional IPA SD Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi," Visipena Journal, vol. 9, no. 1, 2018.
[12] S. Basuki and S. F. Kusuma, "Automatic Question Generation For 5W-1H Open Domain of Indonesian Questions by Using Syntactical Template-Based Features from Academic Textbooks," JATIT, vol. 96, no. 12, 2018.
[13] J. Kaur and A. K. Bathla, "A Review on Automatic Question Generation System From a Given Hindi Text," International Journal of Research in Computer Applications and Robotics, vol. 3, no. 6, 2015.
[14] D. Swali, J. Palan and I. Shah, "Automatic Question Generation from Paragraph Development," International Journal of Advance Engineering and Research, vol. 3, no. 12, 2016.
[15] C. Juliane, A. A. Armant, H. S. Sastramihardja and I. Supriana, "Question-Answer Pair Templates Based on Bloom's Revised Taxonomy," in 3rd AASEC 2018, Bandung, 2018.
[16] I. G and A. R. P, "Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian," Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, vol. 2, no. 2, 2012.
[17] P. Pakray, P. Bhaskar, S. Pal, D. Das, S. Bandyopadhyay and A. Gelbukh, "JU_CSE_TE: System Description QA," in International Conference of the Cross-Language Evaluation Forum 2010 : Workshop on Question Answering in Multiple Languages (MLQA'10), Italy, 2010.
[18] M. Fachrurrozi and N. Yusliani, "Sistem Pembangkit Pertanyaan Otomatis Dengan Metode Template-Based," Journal of Research in Computer Science and Applications, vol. 2, no. 1, 2013.
[19] V. A. Flores, L. Jasa and Linawati, "Analisis Sentimen untuk Mengetahui Kelemahan dan Kelebihan Pesaing Bisnis Rumah Makan Berdasarkan Komentar Positif dan Negatif di Instagram," MITE, vol. 19, no. 1, 2020.
[20] V. A. F. L. Wati, "Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Anjing Berbasis Facebook Messenger," MITE, vol. 19, no. 1, 2020.
Diterbitkan
2021-12-25
##submission.howToCite##
FLORES, Veronica Ambassador; JASA, Lie; HARTATI, Rukmi Sari. Pembangkit Pertanyaan Otomatis pada Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbahasa Indonesia di Tingkat Sekolah Dasar Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom. Jurnal Teknologi Elektro, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 343-350, dec. 2021. ISSN 2503-2372. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/mite/article/view/76153>. Tanggal Akses: 20 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/MITE.2021.v20i02.P19.