Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Karyawan Berbasis Website pada Berlian Agency
Abstrak
Pada penelitian membahas mengenai penerapan metode prototype pada perancangan sebuah sistem informasi penerimaan karyawan berbasis website. Study kasus yang digunakan dalam penelitian ini adalah Berlian Agency, yaitu sebuah sebuah usaha dibidang jasa digital yang melayani berbagai kebutuhan terutama dibidang marketing seperti pembuatan website, sosial media management dan lain sebagainya. Penelitian yang dilakukan disesuaikan dengan proses bisnis yang berjalan pada Berlian Agency, serta sesuai dengan kejadian yang sedang berlangsung dan kondisi saat ini, maka dari itu peneliti menggunakan metode deskriptif dalam penelitian ini. Metode penelitian deskriptif merupakan metode ini, metode pengembangan yang dipilih adalah metode prototype. Penerapan metode prototype mempermudah dalam perancangan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan objek berdasarkan kondisi yang ada. Pada penelitian sistem ini karena terdapat bagian prototyping yang membuat peneliti lebih mudah dalam membuat perancangan yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah perancangan sistem informasi penerimaan karyawan. Berdasarkan hasil penelitian, sistem ini telah berhasil dirancang dengan baik sesuai yang harapkan sehingga prototype yang telah dibuat dapat digunakan sebagai dasar untuk melanjutkan pengerjaan sistem yang akan dibuat. Hasil rancangan tersebut dapat digunakan sebagai blueprint atau dokumentasi bagi pihak perusahaan dengan harapan nantinya dapat dijadikan sebagai sebuah literatur untuk mengembangkan sistem penerimaan karyawan sesungguhnya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
[2] Liza Trisnawati dan Evi Syarizal, “Rancangan Sistem Rekrutmen Karyawan Berbasis Web pad PT Fast Food Indonesia Region Pekanbaru”, Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi UNIVRAB. vol. 1, no. 1, 2016.
[3] Diyan Agus Permana dan Rizki Yudhi Dewantara, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Berbasis Web (Studi pada PT Sumber Abadi Bersama)”, Jurnal Administrasi Bisnis. vol. 56, no 1, pp. 20-28, 2018.
[4] A. A. Rizky dan Irfan Ramdhani, “Perancangan Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Berbasis Web Menggunakan Php Dan Mysql Di Pt. Ria Indah Mandiri,” Jurnal Manajemen Informatika, vol. 9, pp. 49-57, April 2019.
[5] M.Linarwati1, A. Fathoni, dan M. M. Minarsih.,” Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus” Journal of Management, vol.2, Maret 2016.
[6] W. Nugraha dan M. Syarif,,” Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume Dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website.” Jurnal Sistem Informasi Musirawas, vol. 3, pp. 97-105, Des. 2018.
[7] M. E. Siregar and D. Anyangsen, "Educational Game Application for Learning to Memorize Letters and Numbers Based on Android with the Prototype Method," J. Inov. Inform., Vol. 4, no. 2, pp. 1–8, 2019.
[8] E. Satria and R. Cahyana, "Development of an Android-Based Zakat Application Using the Prototype Method," J. Algoritm., Vol. 11, no. 2, pp. 213–219, 2017.
[9] O. Fajarianto, "Academic Service Prototype Against Mobile-Based Student Complaints," J. Lentera Ict, vol. 3, no. 1, pp. 54–60, 2017.
[10] Dwi Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi,” Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. 2, pp. 54-61, Agustus 2017.
[11] Yoko, P., Adiya, R., Nugraha, W., “Application of the Prototype Method in Designing a Website-Based SIPINJAM Application at the Credit Union Canaga Antutn.” Merati. Vol.7.pp 212-223. 2019.
[12] N.Putri, N. A. Prabowo, dan R.A.Widyanto, “Implementasi Metode Prototyping pada Perancangan Aplikasi Electronic Ticket (E-Ticket) berbasis Android.” Jurnal Komtika (Komputasi dan Informatika), vol. 3. pp. 63-69, Nov. 2019.
[13] Wahyu W. Widiyanto, “Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype, Dan Model Rapid Application Development (Rad),” Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta, vol. 4, pp 34-40, 2018.
[14] R. Watson, “Language as category: using prototype theory to create reference points for the study of multilingual data,” Lang. Cogn., vol. 11, no. 1, pp. 125–164, 2019.
[15] Nugraha, W., Syarif, M. “Application Of Prototype Methods In System Design Sales Volume Information And Calculation Of Costs Drink Website Based.” JUSIM, vol.3,pp. 97-105. 2018.
[16] Lydia Helling,”Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Pada Citra Laundry Bogor,” Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi., vol.2,pp. 68-78, Feb. 2018.
[17] M. Muslihudin dan Oktafianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML, Yogyakarta: ANDI, 2016.
[18] Henderi, Sistem Basis Data: Model Relasional, SQL, dan Object Oriented Database, Yogyakarta: Bintang Surya Madani, 2020.
[19] E. W. Fridayanthie, T. Mahdiati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung)” Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 4, pp. 126-138. Des. 2016.
[20] F. K. R. Sumantri, ,Hans F. Wowor., dan Arie Lumenta, “Sistem Informasi Anggota Jemaat GMIM Bethesda Ranotana Menggunakan Framework CodeIgniter” E-Journal Teknik Elektro dan Komputer. vol.5, pp. 21-28, Maret 2016.
[21] Rizky Lubis.” Perancangan Antarmuka Aplikasi Berbasis Web Menggunakan User Centered Design Dalam Pembelajaran Keragaman Budaya.” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi., vol.4, pp.1-6, Des 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License