Penggunaan Metode Naïve Bayes Classifier pada Analisis Sentimen Facebook Berbahasa Indonesia

  • Putu Sri Merta Suryani Unud
  • Linawati Linawati
  • Komang Oka Saputra
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/MITE.2019.v18i01.P22

Abstrak

Analisis  sentimen merupakan  bidang  yang  saat  ini sangat  diminati  oleh  berbagai  kalangan.  Analisis  sentimendapat dilakukan   dengan  menggunakan  dokumen  maupun  opini   dari media  sosial. Salah  satu  media  sosial  yang  biasanya  digunakan sebagai  sarana   opini  adalah  media  sosial Facebook. Sebelum sebuah  teks  diklasifikasikan,  perlu  dilakukan POS  Tagging yang merupakan  tahap  pelabelan  kata  dimana  tujuannya  adalah  untuk menentukan  kata  yang  termasuk  opini  dan  non  opini.  Untuk pelabelan kata  dapat   menggunakan Hidden   Markov   Model maupun Rule Based. Adapun metode yang biasa digunakan dalam analisis sentimen adalah metode Naïve Bayes Classifier. Metode ini mengklasifikasikan probalitas  dengan   sederhana. Naïve   Bayes Classifier dapat   digunakan  untuk  mengklasifikasikan  opini  ke dalam  opini   positif   maupun   negatif. Selain   itu   metode   ini menggunakan  data  latih  dalam  proses  klasifikasinya. Klasifikasi yang  dihasilkan  dari  metode Naïve  Bayes  Classifier tergolong cukup baik. Untuk  menguji   tingkat   keakuratan   sistem   dalam mengklasifikasikan    opini,    maka    dilakukan    pengujian    hasil klasifikasi.   Dari   hasil   pengujian   diperoleh   rata-rata   akurasi sebesar 87,1 %. Semakin banyak data latih yang mirip dengan data testing maka hasil klasifikasi akan semakin bagus.


Kata  Kunci—Facebook, Analisis  Sentimen, POS Tagging, Naïve Bayes Classifier, Akurasi

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

[1] Bolshakov and Gelbukh, Computational Linguistics. 1st edition. 2004
[2] B. Liu, Sentiment Analysis and Opinion Mining. Morgan and Claypool Publishers, May 2012.
[3] A. Ortigosa, J. M. Martin, and R. M. Carro, “Sentiment analysis in Facebook and its application to e-learning”, Computers in Human Behavior., vol. 31, pp. 527–541, 2014.
[4] Surroop, K., Canoo, K., & Pudaruth, S., “A Novel Position-based Sentiment Classification Algorithm for Facebook Comments”, International Journal of Advanced Computer Science and Applications, Vol 7, issue 10, 261–268, 2017.
[5] Routray, Swain, and Mishra, “A Survey on Sentiment Analysis”, International Journal of Computer Applications, August, Vol 70, Issue 10, 2013.
[6] C. Troussas, M. Virvou, K. J. Espinosa, K. Llaguno, and J. Caro, “Sentiment analysis of Facebook statuses using Naïve Bayes classifier for language learning”, IEEE., 2013.
[7] K. Widhiyanti dan A. Harjoko, “POS Tagging Bahasa Indonesia dengan HMM dan Rule Based”, Jurnal Teknologi Komputer dan Informatika., Vol 8, No 2, Nopember 2012.
[8] P. B. Matharasi dan A. Senthilrajan, “Sentiment Analysis of Twitter Data Using Naïve Bayes with Unigram Apparoach”, International Journal of Scientific and Research Publication, vol 7, issue 5, May 2017.
[9] (2017) Informatikalogi website. [Online]. Available: https://informatikalogi.com/algoritma-naive-bayes/
[10] Astaridewi, “Sistem Klasifikasi Reporting Berita Menggunakan Metode Naive Bayes (Studi Kasus Situs Resmi Pemerintahan). Jimbaran: Program Studi Teknik Informatika Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana”. Skripsi, Universitas Udayana, Indonesia, 2015.
Diterbitkan
2019-05-07
##submission.howToCite##
SURYANI, Putu Sri Merta; LINAWATI, Linawati; SAPUTRA, Komang Oka. Penggunaan Metode Naïve Bayes Classifier pada Analisis Sentimen Facebook Berbahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Elektro, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 145-148, may 2019. ISSN 2503-2372. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/mite/article/view/47671>. Tanggal Akses: 20 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/MITE.2019.v18i01.P22.