Analisis Kinerja Jaringan Internet dengan Metode Class Based Queueing di Universitas Dhyana Pura
Abstrak
Universitas Dhyana Pura (Undhira) merupakan perguruan tinggi swasta yang memanfaatkan teknologi informasi dalam mencapai hasil optimal. Hasil observasi masalah yang dihadapi tentang pengelolaan bandwidth tidak terkelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Quality of Service (QoS) dengan parameter-parameter throughput, delay, packet loss, jitter dan bandwidth dengan metode Class Based Queuing (CBQ) sebagai metode antrian yang mengatur pemakaian bandwidth yang diberikan setiap client. Pengukuran tingkat kepuasan pegawai juga dilakukan dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian ini menampilkan metode CBQ merupakan metode manajeman bandwidth dalam melimitasi bandwidth pada client yang krisis bandwidth sehingga dapat meningkatkan kepuasan pegawai dalam menggunakan layanan internet dalam proses pelayanan bagi mahasiswa.
Kata Kunci— Manajemen Bandwidth, CBQ, Parameter QoS, Customer Satisfaction Index (CSI).
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
[2] S. Kosasi, “Analisis Penerapan Arsitektur Wireless LAN Menggunakan Top Down Approach Pada PT . TELKOM Pontianak,” Tek. Komput. Jar., vol. 1, no. 2, pp. 26–42, 2011.
[3] Behrouz A. Forouzan, “Data Communication and Networking.” p. 1,164, 2007.
[4] Sukri and P. S. Ira, “Analisis Penerapan Metode Antrian Hirarchical Token Bucket untuk Management Bandwidth Jaringan Internet,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 522–529, 2018.
[5] C. P. Antodi, A. B. Prasetijo, and E. D. Widianto, “Penerapan Quality of Service Pada Jaringan Internet Menggunakan Metode Hierarchical Token Bucket,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 5, no. 1, p. 23, 2017.
[6] I. P. S. Sukri, “Analisa Peningkatan Kualitas Jaringan Dengan Penerapan Metode Antrian Hirarchical Token Bucket,” pp. 375–380, 2018.
[7] Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks (TIPHON), “Tr 101 329,” Etsi, vol. 1, no. General aspects of Quality of Service (QoS), pp. 1–37, 1999.
[8] S. Agoes, A. Putranto, D. J. T. Elektro-fti, and U. Trisakti, “Simulasi Kualitas Layanan Voip Paket Cbq Dengan Mekanisme Link Sharing,” JETri, vol. 7, no. 1, pp. 41–64, 2007.
[9] M. K. Yahya-Imam, P. Sellapan, and V. Devi, “An Enhanced Bandwidth Management Scheme for Improved Quality of Service in Network Communication System,” Int. J. Electron. Electr. Eng., vol. 2, no. 2, pp. 147–152, 2014.
[10] Azhari Muhamad, “Analisis Jaringan Dengan Parameter Randomize File Size Menggunakan Network Simulator ( Ns ),” J. Inform. Mulawarman, vol. 6, no. 3, pp. 105–107, 2011.
[11] A. Hasdiyansyah, S. I. Lestariningati, T. N. Nizar, J. Teknik, and K. Unikom, “Manajemen Trafik Dan Bandwidth Menggunakan Metode Cbq ( Class Bassed Queue ) Berbasis Gnu / Linux Untuk Optimalisasi Cloud Computing,” pp. 1–9.
[12] W. S. Bobanto, “Analisis Kualitas Layanan Jaringan Internet - 2014,” Tek. Elektro dan Komput., pp. 80–87, 2014.
[13] Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo, 2002.
[14] Supranto, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
[15] Ariansyah, Kasmad, and S. Wahyuningsih, “Studi kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan pita lebar pada jaringan bergerak seluler (The study of subscriber satisfaction on quality of broadband service on cellular mobile network),” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 14, no. 2, p. 113, 2016.
[16] Prof. Dr. Sugiyono 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 19th ed. Bandung: Alfabeta, CV, 2013.
[17] Axence, “Axence NetTools 5.0 pro,” 2018. [Online]. Available: https://axence.net/en/axence-nettools. di akses pada 24 Feb 2018
[18] Online http://speedtest.biznetnetworks.com/ di akses pada 13 Ags 2018

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License