ANALISA KEPUASAN PETERNAK SAPI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PASAR BERINGKIT

  • SUKANATA I W. Fakultas Peternakan Universitas Udayana
  • I K. W. PARIMARTA Fakultas Peternakan Universitas Udayana
  • B. R. T. PUTRI Fakultas Peternakan Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/MIP.2021.v24.i01.p02

Abstrak




Pasar Beringkit adalah pasar sapi terbesar di Bali yang diharapkan dapat memperpendek rantai pasar sehingga peternak mendapatkan harga yang lebih tinggi. Namun demikian, hanya sebagian kecil dari mereka (6,45%) yang menjual ternak mereka langsung ke pasar hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan peternak dalam memasarkan ternak sapi di Pasar Beringkit berdasarkan lima dimensi kualitas layanan termasuk dimensi fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Data yang digunakan adalah data primer yang di- kumpulkan pada bulan Juli-Agustus 2019 melalui wawancara terhadap 100 peternak yang menjual sapi mereka langsung di pasar sapi Beringkit yang ditentukan secara acak. Data dianalisis menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa da- lam memasarkan sapi di Pasar Beringkit peternak sudah tergolong dalam kategori puas dengan nilai CSI sebesar 76,19%. Berdasarkan analisa IPA dapat diketahui bahwa sebagian besar atribut layanan di Pasar Beringkit sudah memiliki performa yang tinggi. Namun demikian ada juga beberapa atribut layanan yang sangat penting bagi pe- ternak namun performa layanannya masih tergolong rendah. Atribut tersebut antara lain; tempat menaruh ternak, kenyamanan tempat parkir, daya tanggap terhadap keluhan peternak, rasa aman dari bahaya ternak, dan biaya layanan. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan di Pasar Beringkit sudah bagus namun kualitas layanannya masih sangat penting ditingkatkan.




##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2021-08-04
##submission.howToCite##
I W., SUKANATA; PARIMARTA, I K. W.; PUTRI, B. R. T.. ANALISA KEPUASAN PETERNAK SAPI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PASAR BERINGKIT. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 8-12, aug. 2021. ISSN 2656-8373. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/mip/article/view/80772>. Tanggal Akses: 21 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/MIP.2021.v24.i01.p02.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##