ANALISIS KEPUASAN PETERNAK TERHADAP PELAYANAN PERUSAHAAN INTI PADA SISTEM KEMITRAAN AYAM BROILER DI BALI

  • SUKANATA I. W. Fakultas Peternakan Universitas Udayana
  • I. W. WIJANA Fakultas Peternakan Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/MIP.2024.V27.i02.p05

Abstrak




Sistem kemitraan Inti-Plasma pada peternakan ayam broiler di Bali berkembang pesat setelah krisis moneter tahun 1997. Perusahaan besar sebagai inti mempunyai posisi tawar yang lebih kuat dibandingkan peternak yang menjadi mitranya. Dengan demikian perusahaan inti mempunyai peranan yang lebih dominan dalam menentukan isi perjanjian kerja sama kemitraan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kepuasan peter- nak terhadap kualitas pelayanan perusahaan inti. Kualitas pelayanan tersebut dilihat berdasarkan beberapa di- mensi pelayanan yaitu; bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui wawancara terhadap 100 orang peternak yang ikut dalam kemitraan yang dipilih secara acak dari 8 Kabupaten di Bali. Data dianalisis dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performan Analisis (IPA). Tingkat kepuasan peternak terhadap kualitas pelayanan perusahaan inti mencapai 76,05%. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perusahaan inti terhadap peternak mitra masih sangat perlu ditingkatkan terutama terkait dengan dimensi fisik (CSItangible 72,16%) dan dimensi jaminan (CSIassurance 73,87%). Atribut-atribut kualitas pelayanan yang hendaknya menjadi prioritas utama diperbaiki ada- lah; kualitas Day old Chick (DOC), umur panen, perjanjian kemitraan, waktu pembayaran hasil kepada peternak, standar performa, pendapatan peternak, garansi bibit, dan harga sarana produksi.




##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aritonang, R. L. 2005. Kepuasan Pelanggan. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Irawati, E., D. Fitra, dan I. Kantra. 2020. Analisis kepu- asan peternak plasma terhadap kinerja kemitraan ayam pedaging di Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Peternakan. 17(2): 64-71.
Rahmasari, L. F., R. Nurmalina, dan W. B. Priatna. 2017. Analisis sikap, konsistensi dan kepuasan pada Teh Kotak Ultrajaya: An experimental marketing resear- ch on IPB Agribusiness Master of Science Students. Forum Agribisnis. 7(1): 85-102.
Nurfarida, I. N. 2015. Pengukuran indeks kepuasan pe- langgan untuk peningkatan kualitas layanan. Jurnal Ekonomi, Modernisasi. 11(2): 135-146
Pastika, K. W., N. Suparta, dan G. A. M. K. Dewi. 2016. Hubungan tingkat pendapatan dan kepuasan peter- nak dengan loyalitas sebagai plasma pada kemitraan ayam broiler di Kabupaten Tabanan. Majalah Ilmi-
ah Peternakan. 19(1): 18-23.
Maharatih, N. M. D., I W. Sukanata, dan I P, A. Astawa.
2017. Analisis performance usaha ternak ayam broiler pada model kemitraan dengan sistem open house (Studi kasus di Desa Baluk Kecamatan Nega- ra). Peternakan Tropika. 5(2): 407-416.
Nuryati, T. 2019. Analisis performans ayam broiler pada kandang tertutup dan kandang terbuka. Jurnal Peternakan Nusantara. 5(2):77-86.
Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Kencana Prenadamedia Group. Jakarta.
Walid, A. H., W. Artini, T. D. Sutiknjo, dan N. Lisanty. Komparasi pendapatan peternak ayam broiler pola mandiri dan pola kemitraan di Kabupaten Trenggal- ek. Jurnal Ilmiah Nasional Pertanian. 1(2):101-110.
Yudhabaskara, R. N. 2017. Analisa Tingkat Kepuasan Kemitraan Peternak Plasma terhadap Pelayanan Perusahaan Inti (Kasus di Peternak Mitra Duta Technovet). Skripsi. Departemen Agribisnis. Fa- kultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Diterbitkan
2024-04-10
##submission.howToCite##
I. W., SUKANATA; WIJANA, I. W.. ANALISIS KEPUASAN PETERNAK TERHADAP PELAYANAN PERUSAHAAN INTI PADA SISTEM KEMITRAAN AYAM BROILER DI BALI. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 27, n. 2, p. 85-89, apr. 2024. ISSN 2656-8373. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/mip/article/view/120928>. Tanggal Akses: 22 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/MIP.2024.V27.i02.p05.