PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran brand image dalam memediasi pengaruh celebrity endorser dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel 150 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Celebrity endorser, electronic word of mouth dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image secara parsial memediasi pengaruh antara celebrity endorser dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen, Scarlett Whitening harus memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk tersebut, seperti celebrity endorser, electronic word of mouth dan brand image.
This study aims to analyze the role of brand image in mediating the influence of celebrity endorsers and electronic word of mouth on purchasing decisions. This research was conducted in Denpasar City with a sample of 150 people. Data analysis was performed using path analysis. The results showed that celebrity endorsers and electronic word of mouth had a positive and significant effect on brand image. Celebrity endorsers, electronic word of mouth and brand image have a positive and significant effect on purchasing decisions. Brand image partially mediates the influence of celebrity endorsers and electronic word of mouth on purchasing decisions. The results of this study indicate that in improving consumer purchasing decisions, Scarlett Whitening must pay attention to factors that can influence consumers to buy these products, such as celebrity endorsers, electronic word of mouth and brand image.
Downloads
References
Agus, I. G., Kameswara, R., Nyoman, N., & Respati, R. (2022). Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Ewom Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Sepeda Motor Honda Adv.E-Jurnal Manajemen,11 (5), 1009 –1028.Akurat. Scarlett Whitening Bersama 10 Brand Fashion Lokal Bakal Menggelenggang di Paris Fashion week 2022. Dikutip dari Dikutip dari: https://akurat.co/scarlett-whitening-bersama-10-brand-fashion-lokal-bakal-melenggang-di-paris-fashion-week-2022. Diakses pada tanggal 25 Februari 2022.
Algiffary, M. A., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Online Advertising dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada E-
Arif, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. InSeminar Nasional Teknologi EdukasiSosial dan Humaniora(Vol. 1, No. 1, pp. 111-122).
Asmara, A. (2022).Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening Di Kalangan Mahasiswa Uin Sultan Syarif Kasim Riau(Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).Commerce Tokopedia. AMAR (Andalas Management Review), 4(2), 16-31.
Permatasari, P. B. P. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi oleh Brand Image pada Produk Softlens.Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB,8(2).
Bi, N. C., Zhang, R., & Ha, L. (2019). The mediating role of self-effect and third-person effect in sharing YouTube word-of-mouth (E-WOM). Journal of Research in Interactive Marketing, 13(1), 79–95. Compas. Data Penjualan 7 Brand Body Lotion di Marketplace. Dikutip dari https://compas.co.id/article/body-lotion-di-marketplace/. Diakses pada tanggal 14 November 2022Compas. Produk Kecantikan Tembus Transaksi 20M, Scarlett Terfavorit. Dikutip dari https://compas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan/. Diakses pada tanggal 18 April 2022.
Dewi, N. P., & Ekawati, N. W. (2021). The Role of Brand Image Mediated The Effect of Celebrity Endorser’sCredibility on Purchase Decisions for Vivo Smartphone in Denpasar. American Journal of Humanities and Social Sciences Research,5(2), 290-301.
Dewi, N. P., & Rastini, N. M. (2020). The role of brand image mediating the effect of e-wom on the purchase intention of Yamaha N-MAX in Denpasar city.American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 1, 0-96.Duwila, Z., Supandi, A., Ogi, I., Ekonomi, F., Bisnis, D., Manajemen, J.,Manado, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsment, Brand Awareness Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Kota Manado The Influence Of Celebrity Endorsment, Brand Awareness And Lifestyle On Purchase Decisions For Scarlett Whitening Products In M. Z. Duwila., A. Supandi., I. Ogi 269 Jurnal EMBA, 10(1), 269–278.
Putra, F.F&Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Bukalapak The Effect Of Brand Image And Electronic Word Of Mouth On Purchase Decision On Bukalapak.eProceedings of Management,7(3), 6212–6222.
Giantari, I. G., & Sukawati, T. (2023). Strategi Reciprocity UMKM Coffee Shop di Bali. Bandung: CV. Media Sains Indonesia
Gunawan, A. I., Najib, M. F., & Setiawati, L. (2020). The effect of ElectronicWord of Mouth (e-WoM) on social media networking. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 830(3). https://doi.org/10.1088/1757-899X/830/3/032002
Guntara, R. V., & Saputri, M. E. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Brand Image Pada Evos Esports Di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 8(4), 3420–3432.
Huda, N. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v2i1.311
Irma, F. (2021).Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket 212 Mart (Studi Pada Minimarket 212 Mart Di Jl. Ryacudu Way Dadi, Kec. Sukarame, Bandar Lampung 35131)(Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Kameswara, I. G., & Respati, N. (2022). Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh E-WOM Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Sepeda Motor Honda ADV. E-Jurnal Manajemen,11 (5), 1009 –1028.Mybest. 10 Rekomendasi Produk Scarlett Whitening Terbaik. Dikutip dari: https://my-best.id/138060. Diakses pada tanggal 30 Februari 2022.
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Manajemen Pemasaran (Jilid 1 dan 2). Klaten:Macana Jaya Cemerlang.
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo.Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB),1(1), 128-136.
Mariska, A., Rachma, N., & Suharto, M. K. A. B. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Ria Ricis Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Pada Mahasiswa FEB Angkatan 2018 Universitas Islam Malang Pengguna Scarlett Whitening).Jurnal Ilmiah Riset Manajemen,11(13).291-296.
Maulidya, D. (2020).Pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening: Studi kasus pada konsumen Wardah di Kota Malang(Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Mulianto, M. B. (2021). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Smartphone Samsung (Studi Kasus pada Mahasiswa FKIP Universitas Jember).JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial,15(1), 133-138.
Mukti, G. J. T., & Saputro, E. P. (2019).Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser dalam Iklan terhadap Brand Image Motor Yamaha di Komunitas Yamaha R15 Soloraya(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).Nandaika, M. E., & Respati, N. N. R. (2021). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Fashion Merek Uniqlo Di Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(6), 539. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i06.p02
Ningsih, T. S., & Putri, S. L. (2020). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas. 22(2), 348–357.
Pelawi, B. E. J. B., Soegiarto, E., & Tandirerung, B. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Samarinda Untuk Beli Pada Warunk Upnormal Di Samarinda.EKONOMIA,8(5), 058-070.
Prasad, S., Gupta, I.C. and Totala, N.K. (2017), "Social media usage, electronic word of mouth and purchase-decision involvement", Asia-Pacific Journal of Business Administration, Vol. 9 No. 2, pp. 134-145.
Putra, F., & Saputri, M. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Bukalapak.eProceedings of Management,7(3).
Putri, B., & Nasution, O. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Celebrity Endorser, dan Social Media Marketing Terhadap Brand Image pada Produk di Instagram.Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA),1(3), 240-246
Dewi,T& Ekawati, N. (2021). The Role of Brand Image Mediated The Effect of Celebrity Endorser’sCredibility on Purchase Decisions for Vivo Smartphone in Denpasar. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, (5), 290–301.
Saputra, A. A. A. J., & Wrdana, I. M. (2020). The role of trust and brand images in meditation of e-wom effects on purchase decisions. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(7), 1-08.
Sipahutar, E. K. S., & Nugrahani, R. U. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-wom) Terhadap Brand Image Dear Me Beauty.eProceedings of Management,8(6).
Supardin, L., Handayani, S. D., & Widowati, R. (2018). The influence of advertisement perception and celebrity endorser towards purchase decision through brand image as the mediator. International Journal of Business Quantitative Economics and Applied Management Research, 4(10), 9-17.
Sterie, W. G., Massie, J., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado. Jurnal EMBA, 7(4), pp. 3139-3148.
Triana, N., & Meutianingrum, F. J. (2021). Pengaruh Halal Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Pontianak Yang Menggunakan Produk Kosmetik Wardah).Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak,8(2).
Upadana, M. wahyu K., & Pramudana, K. A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1921. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p14
Wikatanazal, E. (2021). “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Online Shp Championsteall. Id)" (Vol. 14).
Winarsih, W., & Indrarini, R. (2021). Hubungan Antara Kualitas ProdukIslami dan Selebriti Endorser Terhadap Keputusan pembelian Produk Shampo Sunsilk Hijab.Jurnal Manajemen Bisnis Islam,2(2), 81-94.Yulia, I., & Ekawati, N. W. The Role of Brand Image Mediatesthe Influence of Credibility of Celebrity Endorser and EWOM on Customer Loyalty in Shopping at the Shopee Marketplace.International Journal of Economics and Management Studies, 8(1).Zia, K., Rafidah, R., & Kurniawan, B. (2018).Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim Merek Rabbani di Kota Jambi(Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)