Pencarian Informasi Wisata Daerah Bali Menggunakan Teknologi Chatbot
Abstrak
Bali terkenal akan budaya, tradisi, keindahan alam di dalamnya. Wisatawan domestik maupun mancanegara tertarik untuk mengunjungi Pulau Bali sebagai destinasi wisatanya. Informasi tentang wisata di Pulau Bali banyak ditemui dari berbagai media seperti website, surat kabar, iklan dan sebagainya yang memerlukan waktu dalam pencariannya. Chatbot merupakan sistem dalam bentuk chatting yang mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan kemampuan yang ditanamkan di dalamnya. Penerapan chatbot memberikan informasi yang lebih efisien dalam waktu mendapatkan informasi. Chatbot dirancang dengan menggunakan skema pencocokkan pertanyaan dengan pola yang telah ada pada pengetahuan chatbot. Pencocokan pola yang dilakukan menggunakan salah satu fitur dari MySQL yaitu Fulltext Search Boolean Mode. Hasil yang dicapai yaitu penerapan chatbot informasi wisata menggunakan Fulltext Search Boolean Mode berhasil diterapkan dengan baik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
[2] D. Putu, A. Sanjaya, I. K. A. Purnawan, N. Kadek, and D. Rusjayanthi, “Pengenalan Tradisi Budaya Bali melalui Aplikasi Game Explore Bali Berbasis Android,” Lontar Komputer, vol. 7, no. 3, pp. 162–173, 2016.
[3] N. P. S. Franza, A. A. K. Oka Sudana, and K. S. Wibawa, “Application of basic Balinese dance using augmented reality on android,” Journal of Theoretical and Applied Information Technology, vol. 90, no. 1, pp. 61–66, 2016.
[4] A. A. K. Oka Sudana, K. S. Wibawa, and I. M. A. D. Tirtha, “Learning media of Balinese script writing based on augmented reality,” Journal of Theoretical and Applied Information Technology, vol. 90, no. 1, pp. 31–39, 2016.
[5] E. N. S. C. P and I. Afrianto, “Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Informasi Objek Wisata Kota Bandung dengan Pendekatan Natural Language Processing,” Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 49–54, 2015.
[6] M. Maskur, “Perancangan Chatbot Pusat Informasi Mahasiswa Menggunakan Aiml Sebagai Virtual Assistant Berbasis Web,” Kinetik, vol. 1, no. 3, 2016.
[7] S. V Doshi, S. B. Pawar, A. G. Shelar, and S. S. Kulkarni, “Artificial Intelligence Chatbot in Android System using Open Source Program-O,” International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering, vol. 6, no. 4, pp. 816–821, 2007.
[8] A. Hanafi, I. M. Sukarsa, A. A. K. Agung, and C. Wiranatha, “Pertukaran Data Antar Database dengan Menggunakan Teknologi API,” Lontar Komputer, vol. 8, no. 1, pp. 22–30, 2017.
[9] DevMySQL, “Boolean Full-Text Searches.” [Online]. Available: https://dev.mysql.com/doc/refman/5.7/en/fulltext-boolean.html. [Accessed: 10-Jun-2017].
[10] M. Lord, “Rankings with InnoDB Full-Text Search.” [Online]. Available: http://mysqlserverteam.com/rankings-with-innodb-full-text-search/. [Accessed: 10-Jun-2017].
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Lontar Komputer as the publisher of the journal. Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, as well as translations. The reproduction of any part of this journal (printed or online) will be allowed only with written permission from Jurnal Lontar Komputer. The Editorial Board of Jurnal Lontar Komputer makes every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.