en

  • Made Sri Satyawati Universitas Udayana

Abstrak

Penelitian ini membahas prinsip-prinsip kesantunan berbahasa, serta pelanggaran prinsip-prinsip kesantunan berbahasa yang digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris di ThinkerBee Learning Center dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori prinsip-prinsip kesantunan oleh Leech. Hasil penelitian menunjukkan prinsip-prinsip kesantunan berbahasa juga digunakan oleh guru dan siswa saat pembelajaran bahasa Inggris di dalam kelas. Prinsip-prinsip kesantunan berbahasa tersebut, mencakup: maksim kearifan/kebijaksanaan 27%, maksim kedermawanan 18%, maksim penghargaan 18%, maksim kerendahan hati  9%, maksim permufakatan 18%, dan maksim kesimpatian 9%. Kedua, penelitian ini menunjukkan pelanggaran prinsip-prinsip kesantunan yang diujarkan oleh guru dan siswa ketika proses pembelajaran, yaitu:  pelanggaran maksim kearifan/kebijaksanaan 14%, pelanggaran maksim kedermawanan 28%, pelanggaran maksim penghargaan 28%, pelanggaran maksim kerendahan hati 14%, pelanggaran maksim permufakatan 0%, dan pelanggaran maksim kesimpatian 14%.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Universitas Udayana

Diterbitkan
2024-11-11
##submission.howToCite##
SATYAWATI, Made Sri. en. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, [S.l.], v. 31, n. 2, p. 159--167, nov. 2024. ISSN 2656-6419. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/linguistika/article/view/120349>. Tanggal Akses: 21 apr. 2025
Bagian
Articles