Intervensi Kebudayaan Lokal melalui Keterlibatan Pecalang dalam Mempengaruhi Penerapan Protokol Kesehatan CHSE terhadap Loyalitas Wisatawan ke Desa Budaya Kertalangu Denpasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan protokol kesehatan CHSE, mengidentifikasi pengaruh penerapan protokol kesehatan CHSE terhadap loyalitas wisatawan dan mengidentifikasi intervensi budaya lokal melalui keterlibatan pecalang terhadap pengaruh penerapan protokol kesehatan CHSE terhadap loyalitas wisatawan berwisata di Desa Budaya Kertalangu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan analisis SEM dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa protokol kesehatan CHSE secara keseluruhan sudah dilakukan dengan baik dengan rata-rata keseluruhan penilaian sebesar 4,09 (baik), berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan berwisata di Desa Budaya Kertalangu. Dan Intervensi budaya lokal melalui keterlibatan pecalang mampu memoderating pengaruh penerapan protokol kesehatan CHSE terhadap loyalitas wisatawan berkunjung secara signifikan dan negatif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Albushairi, S. A., Huda, N., & Rifani, A. (2002). Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi Pada Riset Pemasaran. In Edisi ke 5. Jilid 2. Jakarta: Airlangga. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Andiani, N. D., Antara, I. M., Ardika, W., & Sunarta, I. N. (2020). Peran Nilai Hindu “Tri Kaya Parisudha” dalam Peningkatan Loyalitas Wisatawan Terhadap Desa Wisata Pedawa, Bali Utara Nyoman. Jurnal Kajian Bali, 10(23), 603–626. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/JKB.2020.v10.i02.p12
Arlinda, F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Penerapan Program Adaptasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment) Terhadap Kepuasan Pengunjung Destinasi Wisata Kabupaten Kediri di Era New Normal Serta Dampaknya pada Pengembangan Ekonomi Pariwisata & Industri Kreatif. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1404–1416. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40351
Brahmana, I. B., & Yudistira Darmadi, A. A. N. O. (2020). Penindakan Terhadap Masyarakat Yang Tidak Menggunakan Masker Sebagai Pelaksanaan Protokol Kesehatan Baru Di Provinsi Bali. Kertha Desa, 8(46), 2–8. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthadesa/article/view/66715
Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Aproach to Structural Equation Modeling. In G. A. Marcoulides (Ed.), Modern Methods for Business Research (pp. 295–336). Taylor & Francis.
Dewi, I. G. A. I. C., Budiartha, I. N. P., & Sudibya, D. G. (2022). Pengelolaan Destinasi Wisata Era New Normal dalam Pemberdayaan Masyarakat Lokal di Desa Kesiman Kertalangu Kota Denpasar. Jurnal Preferensi Hukum, 3(1), 165–170. https://doi.org/https://doi.org/10.22225/jph.3.1.4678.165-170 PENGELOLAAN
Frangos, C. C., Karapistolis, D., Stalidis, G., Constantinos, F., Sotiropoulos, I., & Manolopoulos, I. (2014). Tourist Loyalty is All about Prices , Culture and the Sun : A Multinomial Logistic Regression of Tourists Visiting Athens. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 175, 32 – 38. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.1171
Griffin, J., & Lowenstein, M. W. (2001). Customer Win Back: How to Recapture Lost Customers And Keep Them Loyal. San Francisco: Jossey- Bass Inc.
Hamonangan, B. N., Ronaldi, F., Oloan, J., & Simanungkalit, M. (2020). Keterlibatan Polisi Adat dalam Pencegahan Penularan COVID-19 di Indonesia. Researchgate.Net, 1–13. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Reza-Alam-5/publication/351073672_Keterlibatan_Polisi_Adat_dalam_Pencegahan_Penularan_COVID-19_di_Indonesia/links/608311e42fb9097c0c05de4c/Keterlibatan-Polisi-Adat-dalam-Pencegahan-Penularan-COVID-19-di-Indonesia.pdf
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2020). Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Daya Tarik Wisata. 72.
Lumanauw, N. (2020). Edukasi Dan Implementasi Protokol Clean Health Safety Environtment Melalui We Love Bali Kemenparekfraf Pada Program 10 Sanur – Nusa Penida – Nusa Lembongan – Sanur. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 11(1), 71–81. https://doi.org/10.22334/jihm.v11i1.179
Martina, E. (2021). Pelatihan untuk Sertifikat CHSE Sebagai Penunjang Kepercayaan Wisatawan untuk Menginap di Home Stay Studi Kasus di Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 41–45. https://doi.org/https://doi.org/10.35446/diklatreview.v5i1.651
Nariswari, M. A. S., & Putra, I. B. W. (2020). Implikasi Kebijakan PSBB dan Protokol Kesehatan Covid-19 Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung ke Bali. Jurnal Kertha Desa, 9(5), 45–57. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthadesa/article/view/73792
Ningrum, P. A. P. (2020). Eksistensi Pecalang dan Banjar Adat Dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Tanggahan Tengah. PARIKSA: Jurnal Hukum Agama Hindu, 4(2), 62–72. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/pariksa.v4i2.1153
Novitaningtyas, I., Giovanni, A., & Lionora, C. A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berkunjung wisatawan di kawasan balkondes borobudur. Jurnal Pariwisata, 9(1), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/par.v9i1.12048
Nuruddin, N., Wirawan, P. E., Pujiastuti, S., & Astuti, N. N. S. (2020). Strategi Bertahan Hotel di Bali Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies), 10(2), 579–602. https://doi.org/10.24843/jkb.2020.v10.i02.p11
Pratiwi, R., Rama, R., Sulistiyanti, N., & Wahid, H. (2021). Building the trust for the tourism destination resiliency in new normal society (The role Of wellness tourism system). Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(1), 140–148.
Puspawati, D. A., Putri, I., & Ni Wayan Ekayanti. (2020). Sinergi Pemerintah Berbasis Adat dalam Upaya Penanganan Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar 2020, 143–149. Retrieved from http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/webinaradat/article/view/1176
Putri, C. A. W., Jayanti, N. W. D. B., Lestari, P. N. D., & Adhinata, B. (2021). Pecalang Covid-19: Satuan Tugas Keamanan Tradisional dalam Mencegah Penyebaran Virus Corona. Jurnal Ilmiah Sosial, 7(2), 201. https://doi.org/10.23887/jiis.v7i2.40353
Redana, D. N., & Suprapta, I. N. (2022). Evaluasi Program Blt-Dana Desa Kepada Masyarakat Miskin Terdampak Covid-19 Di Desa Patas Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Locus, 14(2), 84–99. https://doi.org/10.37637/locus.v14i2.1023
Semara, I. M. T., & Saputra, I. P. D. A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi, dan Sistem Religi Terhadap Keterlibatan Masyarakat di Desa Wisata Panglipuran. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 10(1), 130–141. https://doi.org/https://doi.org/10.22334/jihm.v10i2.166
Simarmata, H. M. P., Revida, E., Kato, I., Sari, H., Simatupang, S., Sudarso, A., … Muliatie, U. E. (2021). Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas. In Yayasan kita menulis. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Suastika, I. M. (2021). Implementasi Kebijakan Pemerintah Provinsi Bali Dalam Penanganan Pandemi Covid 19 dan Upaya Pemulihan Pariwisata. Jurnal Akademisi Dan Praktisi Pariwisata, SISTA, 1(1), 41–51. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/sista.v1i1.1445
Widia, I. K., & Widnyani, N. (2010). Pecalang Benteng Terakhir Bali. Denpasar: Paramitha.
Windutama, I. W., Sunarta, I. N., & Wijaya, N. (2020). Komodifikasi Dalam Pengembangan Tradisi Okokan Sebagai Atraksi Wisata di Desa Kediri, Tabanan. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 6(2), 452–469. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/JUMPA.2020.v06.i02.p10
Yulianto, A., Putri, E. D. H., & Wardani, D. M. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Jumlah Kunjungan Wisatawan dan Tingkat Hunian Kamar Hotel D.I. Yogyakarta. Jurnal Pariwisata, 9(1), 53–63. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/par.v9i1.12331
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.