STRATEGI PENGEMBANGAN MONUMEN KAPAL SELAM SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KOTA SURABAYA
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##
https://doi.org/10.24843/JUMPA.2017.v03.i02.p07
Abstrak
Wisata Monkasel telah ditetapkan sebagai salah satu daya tarik wisata heritage di kota Surabaya, tetapi masih perlu pembenahan dari segi perawatan, pengelolaan, inovasi dan pembaharuan Monkasel. Artikel ini membahas bagaimana pengelolaan dan strategi pengembangan Monumen Kapal Selam sebagai daya tarik wisata di kota Surabaya, Jawa Timur. Data diperoleh melalui observasi, kepustakaan, wawancara, dan angket, kemudian dianalisis melalui skala likert, pendekatan matrik IE (internal eksternal) dan matrik SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil Monkasel sebagai sarana warisan nilai sejarah dan pengelolaannya memanfaatkan unsur-unsur manajemen, seperti: Men, Money, Methode, Materials, Machine, Market yang menghasilkan perhitungan matrik IFE dan EFE sebagai dasar dalam menentukan strategi, dan analisis. Selanjutnya dengan menggunakan matrik IE dan matrik SWOT dapat diketahui strategi yang perlu digunakan, yaitu pengembangan produk dan penetrasi pasar.##plugins.generic.usageStats.downloads##
##plugins.generic.usageStats.noStats##
##submission.howToCite##
EFENDI, Moch Nur; KUMBARA, Anak Agung Ngurah Anom; SURYA, Ida Bagus Ketut.
STRATEGI PENGEMBANGAN MONUMEN KAPAL SELAM SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KOTA SURABAYA.
JURNAL MASTER PARIWISATA, [S.l.], feb. 2017.
ISSN 2502-8022.
Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/jumpa/article/view/28458>. Tanggal Akses: 21 apr. 2025
doi: https://doi.org/10.24843/JUMPA.2017.v03.i02.p07.
Terbitan
Bagian
Articles
Kata Kunci
manajemen, strategi pengembangan, wisata heritage, Surabaya