PELATIHAN E-COMMERCE PRODUK WISATA BERBASIS SMARTPHONE

  • I.M.K. Negara PS. S1 Industri Perjalanan WisataFakultas Pariwisata UNUD
  • P.A.W. Sagita Program Studi Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • L.G.L.K. Dewi Program Studi Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • W.C. Juwitasari Program Studi Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • I.G.S. Adnyana Program Studi Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/BUM.2024.v23.i01.p05

Abstrak

 Pemerintah desa telah berupaya mendukung pariwisata melalui pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Pokdarwis menyampaikan hambatan yang mereka hadapi, khususnya dalam teknologi informasi dan komunikasi dalam penyebaran, penjualan, pembelian, serta pemasaran produk wisata yang dimilikinya. Permasalahan yang dihadapi membutuhkan solusi dalam bentuk kegiatan pemahaman serta keterampilan mitra dalam memanfaatkan smartphone untuk kegiatan e-commerce. Metode pelaksanaan yang dilakukan dengan metode transfer teknologi serta evaluasi dan monitoring. Kegiatan berlangsung dengan antusias yang tinggi dari pegiat pariwisata di Desa Wisata Bongan. Mereka memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana manfaat e-commerce guna mendukung produk wisata berupa Teh Gobo (The Gonda Bongan) untuk dipasarkan ke dalam marketplace. Selain pengetahuan tentang pemanfaatan smartphone sebagai media yang juga optimal dalam pemasaran produk yang mereka miliki. Kegiatan pengabdian ini berdampak pada kemandirian mitra dalam pemanfaatan e-commerce.


Kata kunci : desa wisata bongan, e-commerce, smartphone


##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

 

##submission.authorWithAffiliation##

 

##submission.authorWithAffiliation##

 

##submission.authorWithAffiliation##

 

##submission.authorWithAffiliation##

 

Referensi

Abdillah, L.A., Alwi, M.H., Simarmata, J., Bisyri, M., Nasrullah, N., Asmeati, A., Gusty, S., Sakir, S., Affandy, N.A. and Bachtiar, E., 2020. Aplikasi Teknologi Informasi: Konsep dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.
Andereck, K. L. and Nyaupane, G. P., 2011, Exploring the Nature of Tourism and Quality of Life Perceptions among Residents, Journal of Travel Research, 50: 248-260.
Antara, G.E.D., 2015. Peningkatan Inovasi Teknologi Tepat Guna dan Program Berbasis Pemberdayaan Masyarakat untuk Memajukan Industri Kreativ di Bali. Penelitian Dan Aplikasi Sistem Dan Teknik Industri, 9(3), p.182925.
Ignatio, W., Putra, M.D. and Kevin, M., 2018. Penentuan Top Brand Menggunakan Social Network Analysis pada E-Commerce Bukalapak dan Tokopedia. Journal Information Engineering and Educational Technology) ISSN, 2549, p.869X.
Indrawan, A.M., 2012. Efektivitas Fedep (Forum Of Economic Development And Employment Promotion) Dalam Pengembangan Ukm Batik Di Kabupaten Sragen (Studi Kasus Di Sentra Batik Kecamatan Masaran).
Juliani, K.R., 2021. Melestarikan Budaya Bali Mesuryak sebagai Suatu Tradisi di Desa Bongan Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 3(1), pp.44-44.
Kementerian Pariwisata RI (2015). Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) 2015.
Kisielnicki, J. ed., 2008. Virtual Technologies: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications. IGI Global.
Rachmadi, M.F., 2020. Analisis Optimalisasi Teknologi Digital di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Mengembangkan Kawasan Industri Pariwisata Halal guna Meningkatkan Perekonomian Lokal Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal DinamikA, 1(1), pp.39-53.
Sherman, P. and J. Dixon, 1991. The economics of nature tourism: Determining if it pays. In Nature Tourism: Managing for the Environment, T. Whelan (ed), Island Press, Washington, DC.
Widani, N.M., Abiyasa, A.P. and Darma, G.S., 2019. Menguji Ketajaman Implementasi E-Commerce Dalam Penjualan Kamar Hotel di Bali. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(2), pp.79-98.
Diterbitkan
2023-04-05
##submission.howToCite##
NEGARA, I.M.K. et al. PELATIHAN E-COMMERCE PRODUK WISATA BERBASIS SMARTPHONE. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 24-28, apr. 2023. ISSN 2654-9964. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/jum/article/view/96574>. Tanggal Akses: 20 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2024.v23.i01.p05.