PKM PEGAWAI HOTEL DALAM PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN

  • Putu Indah Budiapsari Faculty of Medicine and Health Sciences, Warmadewa Universitiy
  • N. W. Widhidewi Faculty of Medicine and Health Sciences, Warmadewa Universitiy
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/BUM.2021.v20.i02.p09

Abstrak

Dengan dibukanya keran pariwisata bali selama era new normal dan semakin meningkatnya kunjungan domestik, maka dibutuhkan penerapan protokol kesehatan yang baik dan benar di lokasi-lokasi penginapan seperti hotel, villa, homestay, guest house dan lain sebagainya. Dalam rangka upaya menjaga pariwisata tetap berjalan dan penyebaran Covid-19 dapat dikurangi. Strategi pemasaran secara online pun akan meningkatkan pemasukan pegawai hotel maupun tingkat reservasi kamar. Selanjutnya dengan segala persiapan yang telah dilakukan, kami survey, observasi, melakukan pemetaan, menentukan dan menetapkan kelompok pegawai hotel. Untuk menambah kelengkapan data, kami melakukan wawancara dengan ketua mitra yang mengetahui bagaimana aktivitas pegawai dan tamu hotel tersebut. Solusi dalam bidang kesehatan dengan mebuat sekat transparan yang akan membatasi transmisi droplet tamu hotel dan resepsionist, pengaturan jarak dengan memasang tanda silang pada tempat-tempat tertentu, penyediaan wastafel dan air untuk cuci tangan, penerapan aturan skrining dengan termogun di depan pintu masuk, pembagian masker standar yang disarankan oleh WHO, penyuluhan dan pelatihan cara cuci tanga 6 langkah dengan teknik tanpa sentuh.


Kata kunci : Protokol, kesehatan, hotel, pemasaran, online

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Dewi RK, Fardinal. Manajemen Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Hotel Whiz Prime Dalam Partisipasi Pencegahan Covid-19. JITHOR Vol.4, No.1:pp 9-15, April 2021
Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit (P2p). 2020. Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disesase (Covid-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Dzakwan, MAH. Menuju Situasi Normal Baru: Kesiapan Bali dalam Menangani COVID-19. CSIS Commentaries DMRU-084-ID 26 June 2020
Fajri DD. Pelatihan Penerapan Protokol Kesehatan Karyawan Hotel di Masa Tatanan Normal Baru. Jurnal Abdimas Pariwisata. Vol. 1 No. 2 Tahun 2020, pp:59-65.
Kaniasari D, Mila Mardotillah, Anwari Masatip. Health Protocol as A Prevention in Hotel Service During the Pandemic. Jurnal Akademi Pariwisata Medan ISSN 2656-0992 (Online), ISSN 1858 – 2842 (Print), Januari - Juni 2021, Vol. 9 No.1, pp:46-52.
Lumanauw N. Edukasi Dan Implementasi Protokol Clean Health Safety Environtment Melalui We Love Bali Kemenparekfraf Pada Program 10 Sanur – Nusa Penida – Nusa Lembongan – Sanur. Jurnal Ilmiah Hospitality Management. Vol 11 No 01, 2020: 71-81
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Permenkes 9 tahun 2020 tentang Pedoman PSBB dalam rangka Percepatan Penanganan COVID-19. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Presiden Republik Indonesia. 2020. Peraturan Pemerintah No. 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam rangka Percepatan Penanganan COVID-19.
Safrizal ZA, Danang Insita Putra, Safriza Sofyan, Dr. Bimo. 2020. Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah daerah. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri.
Sekretariat daerah kota Denpasar. Pengaturan Pembatasan Kegatan Masyarakat di Tingkat Desa, kalurahan, dan Desa adat dalam percepatan penanganan Corona virus disease 2019 (Covid-19). Bagian Hukum dan Hak Asasi manusia Pemerintah Kota Denpasar.
Suarjaya K. Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Memasuki Bali Era Baru. Dinas Kesehatan Provinsi Bali. 2020
Diterbitkan
2021-10-09
##submission.howToCite##
BUDIAPSARI, Putu Indah; WIDHIDEWI, N. W.. PKM PEGAWAI HOTEL DALAM PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 148-153, oct. 2021. ISSN 2654-9964. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/jum/article/view/74736>. Tanggal Akses: 20 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2021.v20.i02.p09.