PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN SECARA VIRTUAL DI MASA PANDEMI COVID-19

  • A. F. Tamrin Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial, Universitas Fajar
  • Parwoto Parwoto Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/BUM.2021.v20.i04.p05

Abstrak

Media pembelajaran merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran. Meski demikian, dalam penggunaannya seringkali diabaikan oleh pengajar dengan berbagai alasan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan untuk memberikan pendampingan untuk melatih guru-guru PAUD dalam membuat media pembelajaran interaktif. Peserta pengabdian merupakan guru-guru PAUD kurang lebih 5 orang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Kegiatan pendampingan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan dengan melakukan penyajian materi kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif. Kesimpulan pelaksanaan yang dilakukan dapat memberikan pengetahuan baru kepada para guru dalam menggunakan media pembelajaran dan menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dihasilkan berupa video dan buku bergambar yang dapat menarik perhatian siswa-siswa untuk belajar mandiri.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agustiningsih, A. (2015) ‘Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar’, PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), p. 50. doi: 10.21070/pedagogia.v4i1.72.
Astuti, W. T. (2016) ‘Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman’, Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), pp. 257–276. Available at: http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/1211.
Jesse, A., S, R. P. and Petra, U. K. (2016) ‘Perancangan Buku Cerita Interaktif untuk Menimbulkan Minat Baca Anak Usia 4-6 Tahun Abstrak’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1, pp. 989–992.
Kamilah, S. (2019) ‘Implementasi Pendekatan Multiple Intelligence dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Playgroup & Kindergarten Ananda Mentari Yogyakarta’, Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 14(2), pp. 291–310. doi: 10.24090/yinyang.v14i2.3137.
Lesmana, C. et al. (2018) ‘Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Guru Smp Negeri 1 Sungai Kakap’, TRANSFORMASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), p. 61. doi: 10.29406/al-khidmah.v1i2.1216.
Marwati, M. and Basri, M. (2018) ‘Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita terhadap Kemampuan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD’, JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(1), p. 451. doi: 10.26618/jkpd.v3i1.1174.
Nugraha, D. A. and Sudiyono, S. (2018) ‘Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Autoplay Media Studio Bagi Guru-Guru Sdn Merjosari 1’, Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), p. 182. doi: 10.25273/jta.v3i2.2811.
Simarmata, J. et al. (2020) Teknologi Informasi: Aplikasi dan Penerapannya. Yayasan Kita Menulis.
Sulistiyarini, D. et al. (2018) ‘Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Di Smp Dan Smk Mandiri Pontianak’, 2(1), pp. 39–46.
Tamrin, A. F. and Magfirah, S. (2019) ‘Nature Theme Pictured Book Used in Teaching English for Elementary Students’, Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 3(1), pp. 16–25. doi: 10.26858/eralingua.v3i1.8759.
Diterbitkan
2022-01-27
##submission.howToCite##
TAMRIN, A. F.; PARWOTO, Parwoto. PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN SECARA VIRTUAL DI MASA PANDEMI COVID-19. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 20, n. 4, p. 300-306, jan. 2022. ISSN 2654-9964. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/jum/article/view/70935>. Tanggal Akses: 20 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2021.v20.i04.p05.