PENERAPAN SISTEM BUDIDAYA HIDROPONIK VERTIKULTUR DAN KONVENSIONAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 TANJUNG PURWOKERTO JAWA TENGAH
Abstrak
Khalayak sasaran kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah guru dan siswa SDN 3 Tanjung Purwokerto Jawa Tengah. Permasalahan yang ada adalah (1) Lahan kosong sekolah belum dioptimalkan, (2). Sekolah memiliki visi menjadi sekolah adiwiyata, namun kegiatan yang mendukung belum ada, (3). Pengetahuan beragam teknik budidaya tanaman sayuran dan ragam sayuran yang penting bagi sistem kekebalan tubuh di masa pandemi covid-19 masih terbatas, (4). Pengetahuan aneka jenis makanan yang dibuat dari bahan sayuran yang enak, menarik, dan modern masih terbatas. Tujuan kegiatan adalah (1). Mendukung visi sekolah menjadi sekolah adiwiyata dengan melakukan transfer teknologi budidaya tanaman sayuran dengan teknik hidroponik, vertikultur, dan konvensional, (2). Memberikan edukasi ragam sayuran dan manfaatnya bagi sistem kekebalan tubuh, (3). Show off aneka makanan berbahan sayuran yang menarik, enak, dan modern. Metode yang dilakukan menggunakan pendekatan partisipatif yang meliputi edukasi, pelatihan, pendampingan, dan percontohan (demplot). Hasil menunjukkan semua kegiatan dapat berjalan baik dengan dukungan guru dan siswa. Tanaman yang dibudidayakan dengan teknik hidroponik, vertikultur, dan konvensional dapat tumbuh baik hingga panen. Khalayak sasaran mengetahui ragam sayuran yang penting bagi sistem kekebalan tubuh terkhusus di masa pandemi covid-19. Khalayak sasaran mengetahui bahwa sayuran dapat dibuat menjadi ragam makanan seperti es krim, burger, dan spageti.
Kata kunci : Hidroponik, vertikultur, SDN 3 Tanjung, Sekolah Adiwiyata
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Frasetya, B., Taofik, A. and Firdaus, R.K. (2018). Evaluasi variasi nilai electrical conductivity terhadap pertumbuhan tanaman selada (Lactuca sativa l.) pada sistem nft. Jurnal Agro. Vol. 5(2), pp. 95-102.
Hadi, S.N., Kartini, and Harjoso, T. (2019). Aplikasi Budidaya Tanaman Sayur dan Buah Serta Dampaknya Terhadap Konsumsi Sayur dan Buah pada Siswa SDN 1 Pandak dan SDN 1 Sumampir Kabupaten Banyumas. Panrita abdi. Vol 3:1, pp. 1-5.
Hadi, S.N., Rahayu, A.Y., and Herliana, I. (2018). Penerapan Teknologi Budidaya dan Show off Produk Makanan Berbahan Sayuran dan Dampaknya Pada Siswa SDN Karangsalam, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM). Vol. 24:3, pp. 842-847
Heliadi, G.G., Kirom, M.Ramdlan, dan Suhendi, A (2018). Monitoring dan kontrol nutrisi pada sistem hidroponik NFT berbasis konduktivitas elektrik. e-Proceeding of Engineering. Vol. 5:1, pp. 885-893.
Jamaludin, Maryati, and Ranchiano, M.G (2018). Jumlah tanaman per lubang tanam terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman pakcoy (Brassica oleraceae) pada penanaman sistem hidroponik NFT. Jurnal Wacana Pertanian. Vol. 14:1, pp. 32-40.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2020). Panduan Gizi Seimbang pada Masa Pandemi Covid-19. https://covid19.go.id/storage/app/media/Materi%20Edukasi/final-panduan-gizi-seimbang-pada-masa-covid-19-1.pdf. Diakses 18 September 2020.
Santoso, A. and Widyawati, N. (2020). Pengaruh Umur Bibit terhadap Pertumbuhan dan Hasil Pakcoy (Brassica rapa ssp. chinensis) pada Hidroponik NFT. Vegetalika. Vol. 9(3), pp. 464-473.
Smasa, A. (2014). Pengertian Singkat Sekolah Adiwiyata. http://adiwiyatasmasa2014.blogspot.com/2014/03/pengertian-singkat-adiwiyata.html?m=0. Diakses 11 November 2019.
Widowati, H., Sutanto, A., Achyani, Theresia F. and Hendri, N. (2019). Profil Residu Bahan Aktif pada Jenis Sayuran Non Organik. Prosiding KN-APPPTMA UMM, pp. 769-781.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.