Analisis Sentimen dengan Logistic Regression untuk Deteksi Kata pada Livin’ by Mandiri

  • Ni Made Gita Satviki Nirmala Udayana University
  • Ngurah Agus Sanjaya ER Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/JNATIA.2024.v02.i04.p25

Abstrak

Livin by Mandiri adalah salah satu mobile banking yang paling sering digunakan. Untuk mengetahui kualitas aplikasi, maka dapat melakukan analisis sentimen dari ulasan. Data yang diambil dari Google Play Store sebanyak 6334 data pada bulan Januari 2022 hingga Desember 2022. Data latih dan data uji yang digunakan memiliki perbandingan 80:20. Data ini melalui proses preprocessing kemudian dilakukan pembobotan TF-IDF. Setelah itu analisis menggunakan regresi logistik yang menghasilkan 91,5% dengan C = 0,75. Serta mendapatkan hasil sentimen negatif yaitu presisi 89%, recall 95%, f1-score 92%. Sedangkan sentimen positif menghasilkan presisi 94%, recall 88%, f1-score 91%. Pada penelitian juga terdapat program pendeteksi kata yang dapat membantu pencarian kata kunci termasuk sentimen positif atau sentimen negatif dari aplikasi Livin by Mandiri.

Diterbitkan
2024-08-01
##submission.howToCite##
NIRMALA, Ni Made Gita Satviki; SANJAYA ER, Ngurah Agus. Analisis Sentimen dengan Logistic Regression untuk Deteksi Kata pada Livin’ by Mandiri. Jurnal Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasnya, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 869-878, aug. 2024. ISSN 3032-1948. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/jnatia/article/view/115950>. Tanggal Akses: 21 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/JNATIA.2024.v02.i04.p25.