Bisnis Proses Manajemen Peningkatan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) Di Solo Bakery

  • Daniel Tunggono Saputro Universitas AKI
  • Kustanto Kustanto Udayana University
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/JLK.2023.v11.i04.p31

Abstrak

Solo Bakery adalah sebuah perusahaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang memproduksi roti berada di kota Solo. Untuk mempertahankan usaha dan berkomptesi, diperlukan proses bisnis yang singkat, efektif dan efisien sehingga dapat menunjang produksi. Proses bisnis pengadaan (pembelian) barang dan penggajian diperlukan untuk dievaluasi dan dibuatan pemodelan proses bisnis yang baru (To-be). Evaluasi dengan menggunakan metode Failure Model and Effect Analysis dan rencana perbaikan proses bisnis dengan tool streamlining dari metode Business Process Improvement yang disimulasikan dengan perangkat lunak Bizagi Modelerdidapatkan pengematan waktu rata-rata untuk bisnis proses pengadaan (pembelian) barang sebesar 1 jam 14 menit 38 detik (24%) dan waktu rata-rata bisnis proses penggajian sebesar 3 jam 48 menit 13 detik (35%).


 


Kata Kunci: Bisnis Proses, Failure Model and Effect Analysis, Streamlining, Simulasi, Bizagi modeler

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-03-31
##submission.howToCite##
SAPUTRO, Daniel Tunggono; KUSTANTO, Kustanto. Bisnis Proses Manajemen Peningkatan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) Di Solo Bakery. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 11, n. 4, p. 1001-1010, mar. 2023. ISSN 2654-5101. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/jlk/article/view/98973>. Tanggal Akses: 21 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2023.v11.i04.p31.