PENGARUH KUALITAS LAYANAN, WORD OF MOUTH, DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS : INSTITUT BISNIS DAN TEKNOLOGI INDONESIA)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) sebagai upaya meningkatkan perolehan mahasiswa di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode regresi linier berganda dengan melibatkan 100 responden mahasiswa semester 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing, word of mouth, dan kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai R² menunjukan pengaruh ketiga variabel tersebut hanya dapat menjelaskan sekitar 44,8 persen dari variasi dalam keputusan Pembelian, sedangkan 55,2 persen sisanya terdapat faktor-faktor lain. Hasil penelitian ini diharap dapat membantu tim Marketing di INSTIKI dalam menentukan strategi dalam meningkatkan perolehan mahasiswa baru.