BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) KONVENSIONAL DAN DIGITAL DARI PEDAGANG PAKAIAN PASAR PONCOL JAKARTA PUSAT PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bauran pemasaran konvensional dan digital dari pedagang pakaian Pasar Poncol Jakarta Pusat pada masa pandemi covid 19. Pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Teknik validasi data menggunakan metode triangulasi narasumber, teknik, dan teori. Teknik analisis data secara prosedural menggunakakan model interaktif dari Miles et al (2016) . penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan menganalisis bauran pemasaran konvensional dan digital dari pedagang pakaian Pasar Poncol Jakarta Pusat pada masa pandemi covid 19. Pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pemasaran tradisional atau konvensional tampak memiliki keunggulan dalam kualitas dan variasi produk, harga lebih murah juga keuangulan dari segi people dan proses (seperti delivery gratis untuk wilayah Jakarta). Kelemahannya dari aspek lokasi, akses ke pasar semakin terbatas. Begitu pula promosi mereka masih belum maksimal.