ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING PURCHASE INTENTION TO SALES OF FASHION PRODUCT THROUGH E-COMMERCE PLATFORMS IN BATAM CITY
Abstrak
Penulis melakukan kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa faktor – faktor apa saja yang dapat mempengaruhi niat beli terhadap produk fashion pada platform e-commerce. Dalam hal ini, objek kajian ini adalah masyarakat yang ada khususnya di Kota Batam dengan rentang usia 17 tahun keatas yang memiliki niat untuk membeli produk fashion melalui platform e-commerce. Variabel independent yang digunakan dalam objek kajian ini adalah nilai fungsi, nilai sosial, nilai emosional, nilai harga dan e-WOM. Variabel dependen yang digunakan adalah niat beli dengan kepercayaan sebagai mediasi. Kajian ini menerapkan metode eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif dalam melakukan pengumpulan data serta teknik yang digunakan oleh penulis adalah teknik pusposive sampling dengan analisa data dengan menggunakan aplikasi software Smart PLS. Hasil kajian ini mengidentifikasi bahwa pentingnya nilai harga, nilai sosial dan e-WOM bagi sebuah perusahaan dalam meningkatkan kepercayaan dalam melakukan niat beli terhadap suatu produk. Apabila kepercayaan tersebut tercipta tentunya akan memunculkan niat beli dalam diri konsumen