PERAN BRAND EQUITY DALAM MEMEDIASI PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN DAYA BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Ni Nyoman Sunariani Undiknas Graduate School
  • Putu Ayu Ratih Ardianti Undiknas Graduate School
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i03.p03

Abstrak

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap tingginya penggunaan internet untuk mengakses sosial media yang secara secara tidak langsung membawa fenomena baru atau gaya hidup baru dikalangan masyarakat di Indonesia, terutama pada pemilihan produk perawatan tubuh. Platform media sosial semakin penting dalam mempengaruhi beberapa elemen perilaku pelanggan, seperti kesadaran, perolehan informasi, sikap, perilaku pembelian, komunikasi, dan penilaian pasca pembelian. Riset dari Data Reportal juga menunjukkan data jumlah pengguna media sosial Indonesia mencapai 191,4 juta pada Januari 2022. Pada penelitian ini data dikumpulkan melalui 170 orang responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS. Hasil riset menunjukkan bahwa influencer marketing, brand equity dan daya beli berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Daya beli berpengaruh terhadap brand equity. Sedangkan influencer marketing tidak berpengaruh terhadap brand equity. Brand equity mampu memediasi pengaruh daya beli terhadap keputusan pembelian. Sedangkan brand equity tidak mampu memediasi pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian. Digital marketing memang sangat diperlukan di dunia yang kini mulai serba digital terlebih dalam membangun sebuah brand equity.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-03-29
##submission.howToCite##
SUNARIANI, Ni Nyoman; RATIH ARDIANTI, Putu Ayu. PERAN BRAND EQUITY DALAM MEMEDIASI PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN DAYA BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 386-397, mar. 2023. ISSN 2337-3067. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/eeb/article/view/92755>. Tanggal Akses: 21 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i03.p03.
Bagian
Articles