PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP INTENSITAS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Abstrak
Intensitas pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan ukuran pengkomunikasian kontribusi perusahaan sebagai rasa tanggung jawab atas dampak sosial dan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan ukuran dewan komisaris terhadap intensitas pengukapan CSR. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 amatan, yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpolan data observasi nonpartisipan. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang berupa asosiatif bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Liniear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran perushaan berpengaruh positif terhadap intensitas pengungkapan CSR, variabel leverage berpengaruh positif terhadap intensitas pengungkapan CSR, dan variabel profitabilitas berpengaruh positif terhadap intensitas pengungkapa CSR, sedangkan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap intensitas pengungkapan CSR. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan dasar bagi manajemen untuk meningkatkan upaya perusahaan dalam menerapkan intensitas pengungkapan CSR