PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP PURCHASE DECISION PRODUK KAI DROBE DI INSTAGRAM

  • Bagas Dwi Arissaputra Bachtiar Feb Unud
  • I Wayan Santika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i07.p14

Abstrak

Fast fashion merupakan filosofi bisnis dalam industri pakaian yaitu produksi massal pakaian untuk memenuhi permintaan pasar dengan cepat dan skala besar yang telah menyebabkan akumulasi limbah pakaian dan pencemaran limbah tekstil ke lingkungan. Kai Drobe adalah salah satu usaha thriftshop yang menjual pakaian bekas yang salah satunya bertujuan untuk mengurangi limbah tekstil yang mencemari lingkungan. Fokus penjualan Kai Drobe adalah melalui media sosial terutama lnstagram. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan peran brand image memediasi pengaruh green marketing terhadap purchase decision. Penelitian ini dilakukan di akun Instagram Kai Drobe dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Sampel ditentukan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan uji sobel dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, brand image secara signifikan memediasi pengaruh green marketing terhadap purchase decision

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-07-31
##submission.howToCite##
BACHTIAR, Bagas Dwi Arissaputra; SANTIKA, I Wayan. PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP PURCHASE DECISION PRODUK KAI DROBE DI INSTAGRAM. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1387-1398, july 2023. ISSN 2337-3067. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/eeb/article/view/88014>. Tanggal Akses: 21 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i07.p14.
Bagian
Articles