PERAN PERSEPSI NILAI DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN
Abstrak
Perkembangan teknologi dan informasi telah menciptakan perubahan terhadap kegiatan transaksi jual beli dalam mekanisme sistem pembayaran yang menggunakan alat pembayaran secara elektronik. Go-Pay adalah metode pembayaran elektonik yang disediakan dan terdapat dalam fitur aplikasi Go-Jek guna untuk mempermudah transaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran persepsi nilai dalam memediasi pengaruh kualitas layanan elektronik terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar. Sampel yang diambil sebanyak 180 responden melalui metode purposive sampling dan disebar menggunakan kuesioner google form dengan kriteria yang telah disesuaikan. Diukur dengan 36 indikator dan menggunakan skala likert 5 poin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis), uji sobel dan uji VAF. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Kualitas layanan elektronik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas layanan elektronik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap persepsi nilai. Persepsi nilai memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Persepsi nilai berperan secara signifikan memediasi pengaruh kualitas layanan elektronik terhadap kepuasan konsumen.