PERAN KARTU KREDIT DAN PROMOSI PENJUALAN DALAM MEMODERASI PENGARUH KUALITAS WEBSITE TERHADAP IMPULSIVE BUYING

(STUDI PADA PENGGUNA WEBSITE SHOPEE DI KOTA DENPASAR)

  • Nova Widya Ningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • I Gede Nandya Oktora Panasea Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i06.p07

Abstrak

Shopee merupakan e-commerce terbesar kedua di Indonesia. Proses jual beli yang kian mudah ini mempengaruhi terjadinya pembelian impulsif. Pembelian yang dilakukan tanpa adanya rencana sebelum proses pembelian dilakukan disebut dengan impulsive buying. Terdapat berbagai variabel yang melatar belakangi pembelian secara impulsif, diantaranya yakni kualitas website yang dipengaruhi oleh penggunaan kartu kredit dan promosi penjualan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat peran penggunaan kartu kredit dan promosi penjualan dalam memoderasi pengaruh kualitas website terhadap impulsive buying. 110 orang pengguna website Shopee di Kota Denpasar dilibatkan dalam penelitian ini. Penelitian ini dianalisis dengan pendekatan Partial Least Square (PLS), serta menghasilkan bahwa kualitas situs web berpengaruh positif terhadap impulsive buying, penggunaan kartu kredit berpengaruh positif terhadap impulsive buying, promosi penjualan berpengaruh positif terhadap impulsive buying, penggunaan kartu kredit tidak secara signifikan memperkuat pengaruh kualitas situs web terhadap impulsive buying, dan promosi penjualan tidak secara signifikan memperkuat pengaruh kualitas website terhadap impulsive buying. Implikasi dalam penelitian ini adalah sebagai rekomendasi solusi pada Shopee dalam meningkatkan perilaku pembelian secara impulsif dengan peningkatan kualitas situs web, penggunaan kartu kredit, dan promosi penjualan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-06-30
##submission.howToCite##
NINGSIH, Nova Widya; NANDYA OKTORA PANASEA, I Gede. PERAN KARTU KREDIT DAN PROMOSI PENJUALAN DALAM MEMODERASI PENGARUH KUALITAS WEBSITE TERHADAP IMPULSIVE BUYING. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1100-1109, june 2023. ISSN 2337-3067. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/eeb/article/view/86108>. Tanggal Akses: 21 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i06.p07.
Bagian
Articles