NIAT KONSUMEN MEMBELI ULANG PRODUK MEWAH SMARTPHONE

  • Claudia Lorenzia Core Magister Manajemen
  • Ni Wayan Sri Suprapti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EEB.2018.v07.i06.p03

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen kota Denpasar membeli ulang produk smartphone merek iPhone, yaitu inersia konsumen, nilai mewah, atribut produk, kepuasan pelanggan dan aspek sosial. Penelitian ini juga menguji efek mediasi kepuasan pelanggan terhadap hubungan antara atribut produk dan niat beli ulang, serta peran moderator aspek sosial terhadap hubungan antara inersia konsumen dan niat beli ulang. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 154 orang yang memenuhi kriteria sampel yaitu berdomisili di kota Denpasar, sudah lulus SMA dan sedang menggunakan smartphone merek iPhone.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa inersia konsumen tidak berpengaruh pada niat beli ulang. Selanjutnya ditemukan bahwa atribut produk merupakan pendorong utama kepuasan pelanggan dan niat beli ulang. Kepuasan pelanggan juga ditemukan memediasi hubungan antara atribut produk dan niat beli ulang. Selain atribut produk, nilai mewah ditemukan mampu mendorong niat beli ulang serta aspek sosial memperkuat hubungan antara inersia konsumen dan niat beli ulang.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2018-06-22
##submission.howToCite##
CORE, Claudia Lorenzia; SUPRAPTI, Ni Wayan Sri. NIAT KONSUMEN MEMBELI ULANG PRODUK MEWAH SMARTPHONE. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1565-1588, june 2018. ISSN 2337-3067. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/eeb/article/view/37255>. Tanggal Akses: 21 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2018.v07.i06.p03.
Bagian
Articles