NIAT KONSUMEN MEMBELI ULANG PRODUK MEWAH SMARTPHONE
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen kota Denpasar membeli ulang produk smartphone merek iPhone, yaitu inersia konsumen, nilai mewah, atribut produk, kepuasan pelanggan dan aspek sosial. Penelitian ini juga menguji efek mediasi kepuasan pelanggan terhadap hubungan antara atribut produk dan niat beli ulang, serta peran moderator aspek sosial terhadap hubungan antara inersia konsumen dan niat beli ulang. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 154 orang yang memenuhi kriteria sampel yaitu berdomisili di kota Denpasar, sudah lulus SMA dan sedang menggunakan smartphone merek iPhone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inersia konsumen tidak berpengaruh pada niat beli ulang. Selanjutnya ditemukan bahwa atribut produk merupakan pendorong utama kepuasan pelanggan dan niat beli ulang. Kepuasan pelanggan juga ditemukan memediasi hubungan antara atribut produk dan niat beli ulang. Selain atribut produk, nilai mewah ditemukan mampu mendorong niat beli ulang serta aspek sosial memperkuat hubungan antara inersia konsumen dan niat beli ulang.