PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL SERTA DAMPAKNYA PADA KUALITAS LAYANAN (STUDI PADA RUMAH SAKIT REFERRAL MAUBESSI, TIMOR LESTE)
Abstrak
Tujuan penilitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap komitmen organisasional, pengaruh motivasi kerja terhadap komitmen organisasional, pengaruh komitmen organisasional terhadap kualitas layanan, pengaruh kepemimpinan terhadap kualitas layanan, dan pengaruh motivasi terhadap kualitas layanan. Hasil pengujian hipotesis (H1) membuktikan bahwa Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen organisasional memang terbukti benar. Berarti semakin baik kepemimpinan maka komitmen organisasional juga akan semakin baik. Hasil pengujian hipotesis (H2) membuktikan bahwa ada pengaruh motivasi terhadap komitmen organisasional terbukti benar. Semakin tinggi movitasi maka semakin tinggi juga komitmen organisasional. Hasil pengujian hipotesis (H3) membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan dan positif komitmen organisasional terhadap kualitas layanan terbukti benar. Semakin baik Komitmen Organisasional, maka semakin baik juga kualitas layanan rumah sakit. Hasil pengujian hipotesis (H4) membuktikan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan terhadap kualitas layanan memang terbukti benar. Semakin baik Kepemimpinan, maka semakin baik juga kualitas layanan rumah sakit. Hasil pengujian hipotesis (H5) membuktikan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap kualitas layanan memang terbukti benar, semakin baik motivasi, maka semakin baik juga kualitas layanan.