PERAN INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER DI BADUNG

  • Desak Made Putriasih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Gusti Ayu Ketut Giantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/BSE.2021.v26.i02.p05

Abstrak

Di era globalisasi seperti sekarang ini, pembangunan usaha khususnya pada UMKM Kuliner berlangsung cepat. Untuk menghadapi persaingan dibutuhkan kemampuan wirausaha untuk berinovasi dalam produknya serta pengusaha mampu meningkatkan kinerja pemasarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Badung terhadap pemilik atau pengelola UMKM kuliner. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 UMKM kuliner dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran; Orientasi kewirausahaan secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap inovasi produk; Inovasi produk secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dan Inovasi produk secara signifikan memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2021-08-15
##submission.howToCite##
PUTRIASIH, Desak Made; GIANTARI, I Gusti Ayu Ketut. PERAN INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER DI BADUNG. Buletin Studi Ekonomi, [S.l.], p. 207-224, aug. 2021. ISSN 2580-5312. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/bse/article/view/73681>. Tanggal Akses: 21 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/BSE.2021.v26.i02.p05.
Bagian
Articles