Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Pada Earning Response Coefficient Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi
Abstrak
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia periode 201 5-201 7. Sampel yang diperoleh sejumlah 58 perusahaan dengan 174
amatan. Penentuan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik
purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Moderated Regression
Analysis. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa profitabilitas dan leverage
berpengaruh negatif pada ERC. Semakin tinggi perusahaan menghasilkan keuntungan dan
semakin tinggi tingkat leverage yang dimiliki maka semakin rendah nilai ERC perusahaan.
Ditemukan hasil bahwa ukuran Perusahaan mampu memperlemah pengaruh profitabilitas
pada ERC dan ukuran perusahaan memperkuat pengaruh leverage pada ERC.
Kata kunci: Profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, earning response coefficient
##plugins.generic.usageStats.downloads##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.