Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas dan Leverage Sebagai Variabel Moderasi

  • I Wayan Rady Darmastika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Made Dwi Ratnadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v27.i01.p14

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Leverage sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2016. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 41 perusahaan dengan 164 observasi karena terdapat 3 perusahaan pertambangan yang tidak memiliki informasi lengkap yang diperlukan dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil analisis penelitian ini ditemukan bahwa pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh positif pada nilai perusahaan. Profitabilitas memperkuat pengaruh pengungkapan corporate social responsibility pada nilai perusahaan sedangkan leverage memperlemah pengaruh pengungkapan corporate social responsibility pada nilai perusahaan.


Kata kunci: Nilai perusahaan, corporate social responsibility

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2019-04-10
##submission.howToCite##
RADY DARMASTIKA, I Wayan; RATNADI, Ni Made Dwi. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas dan Leverage Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 27, n. 1, p. 362-387, apr. 2019. ISSN 2302-8556. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/akuntansi/article/view/45262>. Tanggal Akses: 20 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v27.i01.p14.
Bagian
Artikel

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>