Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi Pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan

  • I Putu Indra Wijaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Gusti Putu Wirawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v26.i02.p22

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan bukti empiris mengenai GCG sebagai pemoderasi pengaruh profitabilitas dan CSR pada nilai perusahaan seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2013-2016. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah perusahaan yang memenuhi kriteria adalah 14 perusahaan dengan jumlah amatan sebanyak 46. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis. Hasil penelitian menemukan bahwa profitabilitas dan CSR berpengaruh positif pada nilai perusahaan. GCG mampu memperkuat pengaruh CSR pada nilai perusahaan, namun GCG tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas pada nilai perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi bagi perusahaan terkait pentingnya meningkatkan profitabilitas, pengungkapan CSR dan penerapan GCG sehingga nantinya dapat meningkatkan nilai perushaan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi bagi pihak-pihak yang berpekentingan sebagai dasar pengambilan keputusan investasi.


Kata kunci: nilai perusahaan, profitabilitas, CSR, GCG

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2019-02-10
##submission.howToCite##
INDRA WIJAYA, I Putu; PUTU WIRAWATI, Ni Gusti. Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi Pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 26, n. 2, p. 1436 - 1463, feb. 2019. ISSN 2302-8556. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/akuntansi/article/view/44965>. Tanggal Akses: 22 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v26.i02.p22.
Bagian
Artikel