Pengaruh Sosialisasi, Kualitas Pelayanan, Sanksi dan Biaya Kepatuhan Pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor
Abstrak
Kepatuhan wajib pajak merupakan suatu keadaan dimana sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku wajib pajak harus memenuhi kewajiban dan hak perpajakannya. Penelitian ini memiliki tujuan menguji dan memperoleh bukti apakah sosialisasi, kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, dan biaya kepatuhan memiliki pengaruh pada tingkat kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Penelitian dilakukan di Kantor Bersama SAMSAT Klungkung. Metode accidental sampling merupakan metode yang digunakan untuk menentukan sampel yang akan digunakan dengan ukuran sampel yang dihitung berdasarkan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan menyebarkan lembar kuesioner ke 100 responden. Analisis Regresi Linier Berganda merupakan teknik yang dipergunakan pada penelitian ini. Penelitian ini memberikan hasil variabel sosialisasi, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, namun variabel biaya kepatuhan memiliki pengaruh negatif terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.
Kata kunci: Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan, Kepatuhan Wajib Pajak
##plugins.generic.usageStats.downloads##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.