Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Pemahaman, Persepsi Sanksi Perpajakan, dan Lingkungan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

  • Putri Noviantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Putu Ery Setiawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v22.i03.p03

Abstrak

Kepatuhan wajib pajak merupakan hal penting karena sebagian besar penerimaan negara berasal dari penerimaan pajak. Kepatuhan wajib pajak merupakan ketaatan wajib pajak untuk melakukan ketentuan-ketentuan atau aturan-aturan perpajakan yang diwajibkan. Kepatuhan wajib pajak menjadi sebuah syarat agar penerimaan negara meningkat. Kepatuhan wajib pajak adalah faktor yang penting karena fiskus menerapkan sistem self assessment dalam sistem perpajakan di Indonesia. Rendahnya kepatuhan wajib pajak dapat menyebabkan berkurangnya penerimaan ke kas negara sehingga menghambat jalannya roda pemerintahan sebab sebagian besar pengeluaran negara dibiayai oleh penerimaan pajak. Penelitian ini berfokus pada kepatuhan wajib pajak berstatus non Pengusaha Kena Pajak (PKP) di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Badung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas pelayanan, pemahaman wajib pajak, persepsi sanksi perpajakan, dan lingkungan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak berstatus non pengusaha kena pajak di Kantor Pelayanan Pratama Badung Selatan. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dan ditentukan dengan rumus slovin. Penentuan sampel dilakukan dengan metode sampling insidental. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa persepsi kualitas pelayanan, pemahaman wajib pajak, persepsi sanksi perpajakan, dan lingkungan wajib pajak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.


Kata kunci: Kepatuhan, persepsi kualitas pelayanan, pemahaman, persepsi sanksi perpajakan, lingkungan

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2018-02-20
##submission.howToCite##
NOVIANTARI, Putri; SETIAWAN, Putu Ery. Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Pemahaman, Persepsi Sanksi Perpajakan, dan Lingkungan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 22, n. 3, p. 1711-1740, feb. 2018. ISSN 2302-8556. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/akuntansi/article/view/31420>. Tanggal Akses: 20 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v22.i03.p03.
Bagian
Artikel