STRATEGI PEMASARAN DAGING SAPI DENGAN METODE DESAIN THINKING STUDI KASUS DI PT INDO AGRO EKOSISTEM
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran pada PT Indo Agro Ekosistem. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di PT Indo Agro Ekosistem Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Jumlah responden sebanyak 33 orang yang terdiri dari 30 responden konsumen daging sapi yang ada di Kabupaten Temanggung, 3 responden ahli yaitu dari internal (Pemilik, manager), dan eksternal (Dinas terkait) yang memiliki pengalaman pengalaman. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, indepth interview dan wawancara dengan bantuan kuisioner. Analisis yang digunakan ada 3 yaitu, 1) analisis internal dan eksternal usaha untuk menemukan factor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang akan dimasukan kedalam matriks IFE dan EFE; 2) matriks IE yang digunakan untuk menentukan posisi usaha; 3) analisis SWOT digunakan untuk menyusun alternatif strategi pemasaran daging sapi PT Indo Agro Ekosistem.