Analisa Pengaruh Variasi Transmisi Dan Beban Penumpang Terhadap Konsumsi Energi Sepeda Motor Listrik Konversi Pada Kondisi Jalan Menanjak

  • I Ketut Mariata
  • I Made Widiyarta
  • I Wayan Arya Darma

Abstract

Abstraki
Sepeda motor listrik konversi merupakan salah satu kendaraan yang dapat beroperasi menggunakan bahan bakar alternatif, yaitu dengan energi listrik. Sepeda motor listrik konversi membutuhkan daya yang cukup besar agar dapat berjalan dengan baik, besarnya daya dapat dipengaruhi oleh kondisi medan jalan dan beban penumpang saat sedang berjalan, oleh sebab itu perlu dilakukan pengujian untuk mengetahui kinerja sepeda motor listrik pada jalan menanjak dengan variasi transmisi dan beban penumpang, serta pengharuhnya terhadap daya sepeda motor listrik. Pada penelitian ini mio sporty tahun 2006 adalah sepeda motor yang dikonversi menjadi sepeda motor listrik. Konversi terhadap sepeda motor dengan baterai sebagai sumber energi menjadikan komponen-komponen pada motor berubah, adanya komponen yang tidak digunakan akan dilepas dan ada pula komponen yang perlu ditambahkan pada sepeda motor sebagai penunjang sistem kerja sepeda motor. Rasio transmisi yang merupakan penunjang sistem kerja sepeda motor divariasikan menjadi tiga rasio (penambahan 12 ring, 2 ring, dan tanpa penambahan ring) yang diuji pada jalanan tanjakan dengan kemiringan 12° dengan beban penumpang dan tanpa beban penumpang pada speed control I dan II. Pengujian dilakukan pengulangan sebanyak tiga kali untuk mendapatkan ratarata dari energi yang dikonsumsi, didapatkan bahwa rasio transmisi yang paling efektif adalah Pada variasi dengan beban penumpang, rasio transmisi yang mengkonsumsi daya paling optimal adalah rasio transmisi 0,92 dengan penambahan dua ring pada speed control dua sebesar 0.065 kWh/km yang mendapatkan kecepatan maksimum rata-rata sepeda motor listrik sebesar 11 km/jam. Pada variasi tanpa penambahan beban penumpang daya paling optimal terdapat pada variasi rasio transmisi 0,8 sebesar 0,036 kWh/km tanpa penambahan ring pada speed control dua yang mendapatkan kecapatan maksimum rata-rata sepeda motor listirk sebesar 16 km/jam. Hal ini terjadi dikarenakan semakin sedikit waktu tempuh yang dibutuhkan motor untuk menanjak lintasan sepanjang 0,25 km, maka semakin kecil energi yang dikonsumsi sepeda motor listrik
Kata Kunci: Rasio Transmisi, Uji Sepeda Motor Listrik Konversi, Konsumsi Energi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-01
How to Cite
MARIATA, I Ketut; WIDIYARTA, I Made; DARMA, I Wayan Arya. Analisa Pengaruh Variasi Transmisi Dan Beban Penumpang Terhadap Konsumsi Energi Sepeda Motor Listrik Konversi Pada Kondisi Jalan Menanjak. Teknik Desain Mekanika, [S.l.], v. 14, n. 1, jan. 2025. ISSN 2302-5182. Available at: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/mekanika/article/view/123526>. Date accessed: 22 apr. 2025.