Analisis Variasi Radius Deflektor Pada Truck Pick Up Dengan Bak Aerocap Sudut 0° Terhadap Koefisien Hambat Menggunakan CFD
Abstract
Abstrak
Optimalisasi bentuk kendaraan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar dengan mengurangi gaya
hambat yang diterima, salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan biaya yang rendah adalah dengan penambahan
komponen Drag Reduction Device tipe deflektor yang mampu meningkatkan aerodinamis Truck Pick Up. Pengujian
dilakukan secara simulasi menggunakan CFD terhadap 2 variasi yaitu Truck Pick Up dengan bak Aerocap 0° meggunakan
Deflektor radius 0°, radius 800 dan radius 1000 yang disimulasikan dengan kecepatan 90 km/jam menggunakan model
turbulensi k-omega. Grid independence test dilakukan pada penentuan jumlah meshing yang digunakan untuk meminimalisir
error dan mengoptimalkan waktu iterasi. Hasil simulasi menunjukan penggunaan Drag Reduction Device tipe Deflektor
mampu mengurangi koefisien hambat dan mengurangi penggunaan bahan bakar kendaraan sehingga mobil semakin
aerodinamis dan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar, dengan penggunaan Deflektor radius 1000 mendapatkan
nilai penurunan koefisien hambat tertinggi yaitu 0,72251111 dan menurunkan konsumsi bahan bakar sebesar 6,3% apabila
dibandingkan dengan deflektor radius 0.
Kata kunci: Efisiensi, Koefisien Hambat, Koefisien Tekan, Aerodinamika, Computational Fluid Dynamics