Simulasi Penggunaan Rounding Front Hood Kendaraan Terhadap Pola Aliran Dan Distribusi Koefisien Tekanan Pada Upperside Kendaraan Model
Abstract
Abstrak
Kendaraan telah menjadi kebutuhan sehari-hari, hal ini menyebabkan tingginya permintaan kendaraan, dengan demikian konsumsi bahan bakar mengalami peningkatan sedangkan , bahan bakar minyak merupakan sumber daya tak terbarukan. Pembaharuan pada kendaraan agar lebih hemat bahan bakar sangat diperlukan guna menghemat bahan bakar minyak. Salah satunya pada rounding front hood kendaraan yang ditujukan untuk mengurangi vortex pada aliran udara yang melewati mobil dan mendapatkan koefisien hambat, serta melihat distribusi tekanan pada upperside kendaraan yang banyak terkena tekanan oleh aliran udara. Gaya-gaya aerodinamis suatu kendaraan salah satunya ditimbulkan oleh adanya tekanan pada permukaan bodi. Penelitian ini menggunakan simulasi pada CFD dengan menggunakan model kendaraan sedan yang divariasikan pada rounding front hood , dengan variasi tanpa roundingdan 400 mm rounding,model kendaraan disimulasikan dengan kecepatan 80 km/h.Hasil menunjukan pola aliran udara yang melewati kendaraan rounding masih terdapat besarnya forward bound vortex pada bagian depan kendaraan sedangkan pada kendaraan model dengan 400 mm forward bound vortex lebih sedikit sehingga koefisien hambat yang didapat lebih kecil dari pada kendaraan model tanpa rounding dengan selisih koefisien hambat sebesar 0,10232696. Terjadi titik stagnasi pada model kendaraan tanpa rounding dan kendaraan dengan 400 mm rounding pada x=0, terjadi separation point pada x =0,1 pada kendaraan tanpa rounding dan pada x=1,825 pada kendaraaan 400 mm rounding.
Kata kunci: Computational Fluid Dynamics,Koefisien hambat, Koefisien Tekanan ,Pola Aliran Udara