Implementasi Business Intelligence Menggunakan Metode OLAP untuk Pengambilan Keputusan Penjualan Properti
Abstrak
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pertumbuhan penduduk di Indonesia mencapai 2 juta – 3 juta jiwa per tahun. Dalam hal ini, adanya peningkatan pertumbuhan penduduk, maka kebutuhan akan rumah juga meningkat. Tingginya permintaan akan perumahan memberikan peluang bagi perusahan properti(real estate), salah satunya adalah PT Anugerah Indah Prima yang berada di Kota Medan. Selain memberikan peluang yang besar, bisnis di bidang real estate juga memiliki persaingan yang ketat sehingga untuk dapat terus maju dan berkembang, PT Anugerah Indah Prima harus terus memiliki inovasi dalam mengembangkan bisnisnya. Dalam membuat suatu keputusan untuk mengembangkan bisnisnya, perusahaan tersebut masih menghadapi kendala, yaitu melakukan pengolahan data penjualan properti secara manual menggunakan Microsoft Excel. Pengolahan data tersebut belum dapat memenuhi kebutuhan manajer dan pihak marketing dalam pengambilan keputusan karena laporan yang dihasilkan masih berupa informasi umum dan sulit dipahami.
Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada perancangan dashboard yang dapat memberikan wawasan informasi dalam pengambilan sebuah keputusan pada perusahaan. Pada penelitian ini memanfaatkan business intelligence, ETL(extract, transform, dan loading), OLAP(online analytical processing), dan forecasting.
Kata Kunci: Dashboard Informasi, Business Intelligence, Bisnis Properti