Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di mangsi tropical denpasar

The Effect of Product and Service Quality on Customer Satisfaction at Mangsi Tropical Denpasar

  • Ni Luh Putu Erisca Putri Fakultas Pariwisata Universitas Udayana
  • Agung Sri Sulistyawati Udayana University
  • I Nyoman Tri Sutaguna Udayana University

Abstract

Judul Usulan Penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Mangsi Tropical Denpasar. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan Pelanggan di Mangsi Tropical Denpasar dan berapa besar pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan Pelanggan di Mangsi Tropical Denpasar.Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi ke lokasi penelitian, wawancara, penyebaran kuesioner, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling yaitu accidental sampling dengan jumlah yang ditentukan melalui pendekatan slovin yaitu diperoleh sebanyak 60 orang. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis statistik deskriftif yang dipresntasikan menggunakan skala likert dan statistic inferensial.Hasil penelitian menunjukkan secara pasrial kualitas produk dan pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Dengan menggunakan perbandingan antara thitung dengan ttabel maka diperoleh thitung dari variabel Kualitas Produk atau X1 adalah sebesar 6,740 dengan ttabel sebesar 2,002. Jadi dapat dilihat bahwa thitung > ttabel atau 6,740 > 2,002.Sedangkan variabel kualitas pelayanan atau X2 mempunyai thitung sebesar 2,073 dengan ttabel yaitu sebesar 2,002 Jadi dapat dilihat bahwa thitung > ttabel atau 2,073 > 2,002. Variabel yang lebih dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas produk. Dimana nilai kontribusi variabel kualitas produk adalah sebesar 58,43%, sedangkan nilai kontribusi variabel kualitas pelayanan adalah sebesar 15,43%. Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-13
How to Cite
PUTRI, Ni Luh Putu Erisca; SULISTYAWATI, Agung Sri; SUTAGUNA, I Nyoman Tri. Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di mangsi tropical denpasar. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 25-46, dec. 2024. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id./index.php/jkh/article/view/78002>. Date accessed: 20 apr. 2025.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>