Analisis Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Brand Awareness Fish Sambal
Abstrak
Fish Sambal merupakan brand sambal seafood asal Nusa Penida yang memasarkan produknya melalui media sosial berbasis Instagram. Namun, terjadi penurunan performa Instagram Fish Sambal pada bulan Agustus-November 2022 dibandingkan Mei-Juli 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi social media marketing Fish Sambal, menganalisis pengaruh social media marketing terhadap brand awareness Fish Sambal dan membuat usulan strategi alternatif social media marketing untuk meningkatkan brand awareness Fish Sambal. Wawancara mendalam dengan pihak internal Fish Sambal dilakukan untuk mengidentifikasi social media marketing 4C, metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) digunakan unruk menganalisis pengaruh social media marketing terhadap brand awareness Fish Sambal dan metode FGD digunakan untuk membuat usulan strategi social media marketing. Hasil penelitian didapatkan bahwa brand awareness Fish Sambal dipengaruhi oleh social media marketing dan dimensi social media marketing yang terdiri dari context, communication, collaboration, dan connection dapat menerangkan brand awareness sebesar 58,9% dan 41,1% dijelaskan oleh dimensi lain diluar model. Usulan strategi social media marketing yaitu pada dimensi context; advertisement planner, memaksimalkan fitur Instagram dan menentukan waktu unggah konten. Communication; melaksanakan social media campaign dan melaksanakan direct marketing. Collaboration; berkolaborasi dengan influencer dan brand lain. Connection; membuat program membership.
Kata kunci: social media marketing, brand awareness, Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS).
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Andrews, J. C., dan Shimp, T. A. (2017). Advertising, Promotion and other aspects of Integrated Marketing Communications. United States of America: Cegage Learning.
Baladini, N., Syarief, N., dan Gunaedi, J. (2020). Pengaruh promosi penjualan, pemasaran media sosial dan motivasi belanja hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif. Korelasi: Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 2(1), 1323–1337.
Cahaya, Y. F., dan Dewi, L. B. (2022). The influence of lifestyle, celebrity endorser, and brand awareness on purchase intention instant Lemonilo noodles products in Jabodetabek. Management Research Studies Journal, 3(1), 1–9.
Fitriya, N., Indah, D. R., dan Safrizal. (2023). Pengaruh brand awareness dan brand trust terhadap pengambilan keputusan pembelian produk mie instan Indomie Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 3(1), 239–246.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.
Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh viral marketing, online consumer reviews dan harga terhadap keputusan pembelian shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06(3), 77–84.
Isnawati, S. I., dan Purwanto, A. (2022). Generation z buying behaviour analysis of retail business opportunities. Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 11–21.
Moisescu, O. I. (2013). The Importance of brand awareness in consumers’ buying decision and perceived risk assessment. Management and Marketing, 7(1), 103–110.
Nadhiro. (2019). Pengaruh social media marketing terhadap brand awareness pada followers instagram Warunk Upnormal. Universitas Negeri Surabaya, 2(2), 88–92.
Pham, P. H. M., dan Gammoh, B. S. (2015). Characteristics of social-media marketing strategy and customer-based brand equity outcomes: A conceptual model. International Journal of Internet Marketing and Advertising, 9(4), 321–337.
Purwanti, N. M. D., Satriawan, I. K., dan Yoga, I. W. G. S. (2021). Pengaruh sustainable marketing terhadap keputusan pembelian beras organik. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 9(4), 549-559.
Pinero, O. T., dan Xabier, M. R. (2016). Understanding Digital Marketing Basics and Actions. New York: Springer International Publishing.
Simbolon, F. P., Nurcholifa, R. A., dan Safarina, M. (2022). The influence of using instagram as a promotional media in building brand awareness and its impact on purchase decision of Bulog products in Shopee. Binus Business Review, 13(1), 57–66.
Solis, B. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey: John Wiley and Sons Inc.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
